BINTI NURUL WAHIDAH, 1724143056 (2018) PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERISISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABELDI KELAS X AKL-1 SMK NEGERI 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (594kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
||
|
Text
BAB II .pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (72kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (69kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Wahidah, Binti Nurul. 2018. Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas X AKL – 1 SMK Negeri 1 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika. Pembimbing: Musrikah, M.Pd. Kata kunci: Penalaran Matematis, Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penalaran peserta didik sangat penting untuk dipelajari dan dikembangkan. Kemampuan bernalar tidak hanya dibutuhkan ketika mempelajari matematika maupun mata pelajaran lainnya, namun sangat dibutuhkan juga ketika memecahkan masalah ataupun saat menentukan keputusan dalam kehidupan. Siswa pada umumnya masih kesulitan dalam: memahami masalah; merencanakan pemecahan masalah; melaksanakan pemecahan masalah; menafsirkan hasil. Kesulitan tersebut juga dialami oleh siswa SMK Negeri 1 Bandung khususnya kelas X AKL – 1. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah “Bagaimana proses penalaran matematis siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas X AKL – 1 SMK Negeri 1 Bandung tahun pelajaran 2017/2018?”. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penalaran matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas X AKL – 1 SMK Negeri 1 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dalam skripsi ini berjumlah 6 siswa yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 berkemampuan sedang dan 2 berkemampuan rendah yang didasarkan pada hasil observasi, tes dan nilai rapor siswa tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun instrumen tes berupa wawancara dan dua butir soal berbentuk uraian dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Untuk menjamin keabsahan data temuan maka dalam penelitian ini dilakukan pengecekan data penelitian yaitu dengan melakukan observasi terdalam, triangulasi, dan pembahasan dengan sejawat. Adapun langkah penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi topic penelitian; 2) Melakukan kegiatan pustaka; 3) Identifikasi setting atau memilih partisipan; 4) Pengumpulan data; 5) Menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi menunjukkan ada aktivitas proses penalaran matematisnya pada setiap tahap memecahkan masalah dan dari segi penalaran siswa kelompok tinggi tergolong mempunyai penalaran deduktif, 2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan ada aktivitas proses penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali tahap menafsirkan hasil dan dari segi penalaran siswa kelompok sedang tergolong mempunyai penalaran deduktif, 3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan ada aktivitas proses penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah hanya sampai pada memahami masalah dan dari segi penalaran siswa kelompok sedang tergolong mempunyai penalaran pra deduktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143056 BINTI NURUL WAHIDAH |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 02:45 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 02:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7723 |
Actions (login required)
View Item |