IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

WAHYU KHOIRINNISA’, 1721143413 (2018) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Membentuk Perilaku Siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Wahyu Khoirinnisa‟, NIM 172114341 3, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Luluk „Atirotuz Zahroh M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Keagamaan, Perilaku. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan keagamaan yang semakin berkembang setiap tahunnya, sehingga membuat peneliti tertarik dengan kegiatan keagamaan tersebut. Kegiatan keagamaan sangat bermanfaat bagi siswa karena merupakan suatu kegiatan keagamaan yang bisa menambah ilmu dan wawasan tentang Islam sehingga bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah. Untuk mengimplementasikan kegiatan keagamaan siswa perlu diberi pembiasaan yang gunanya agar siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan keagamaan yang ada. Dengan adanya pembiasaan tersebut diharapkan mampu mengubah pribadi manusia menjadi lebih baik dari sebelumnya serta diharapkan mampu membentuk dan mendidik siswa siswinya menuju generasi muda yang berakhlakul karimah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagimana konsep kegiatan keagamaan di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana implikasi kegiatan keagamaan pada perilaku siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan konsep kegiatan keagamaan di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan kegiatan keagamaan di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek (3) Untuk mendiskripsikan implikasi kegiatan keagamaan pada perilaku siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi sumber), ketekunan dan keajekan pengamatan, dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitiannya adalah (1) kegiatan keagamaan berarti kegiatan yang sesuai dengan syariat Islam, tujuan dan manfaat dari kegiatan keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah, pada dasarnya konsep kegiatan keagamaan sudah sesuai dengan tujuan yang sudah di canangkan. (2) pelaksanaan kegiatan keagamaan meliputi: kegiatan sholat dhuha, kegiatan membaca Al-Qur‟an (Tadarus), kegiatan Qira‟atil Qur‟an dan kegiatan khitobah (pidato), pelaksanaan sholat dhuha dilaksanakan sebelum jam pelajaran dimulai sekitar pukul 06.30, pelaksanaan kegiatan membaca Al-Qur‟an (tadarus) dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, sedangkan pelaksanaan Qira‟atil Qur‟an dilaksanakan ketika memperingati hari besar Islam begitu halnya dengan khitobah (pidato) juga dilaksanakan bersamaan dengan Qira‟atil Qur‟an. (3) implikasi kegiatan keagamaan pada perilaku siswa berarti keterlibatan siswa terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan apakah siswa lebih aktif atau tidak, guru berusaha mengubah perilaku siswa yang awalnya kurang baik menjadi lebih baik, faktor yang mempengaruhi perilaku siswa adanya kegiatan keagamaan yaitu faktor dari dalam diri sendiri dan faktor dari lingkungan, guru berusaha menciptakan hal-hal baru agar siswa lebih tertarik dengan kegiatan keagamaan lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143413 WAHYU KHOIRINNISA’
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:17
Last Modified: 07 Jun 2018 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7726

Actions (login required)

View Item View Item