KANTHI LESTARI, 1725143142 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN DI MI THOLABUDDIN GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
BAB VI .pdf Download (197kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Al-Qur’an di MI Tholabuddin Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Kanthi Lestari, NIM. 1725143142, pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. Kata kunci: Strategi guru, kemampuan menulis. Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya keseimbangan antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis huruf Al-Qur’an siswa di kelas rendah. Strategi yang diterapkan oleh guru akan membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf Al-Qur’an di MI Tholabuddin Gandusari Blitar? (2) Bagaimana faktor pendukung yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf Al-Qur’an di MI Tholabuddin Gandusari Blitar? (3) Bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf Al-Qur’an di MI Tholabuddin Gandusari Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru, faktor pendukung dan kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf Al-Qur’an di MI Tholabuddin Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru cukup efektif dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf AlQur’an peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya produk-produk tulisan beberapa peserta didik yang terlihat rapi dan mudah dibaca oleh orang lain. (1) Strategi yang digunakan pendidik adalah (a) menempatkan siswa yang memiliki kekurangan dalam hal kemampuan dan siswa yang sering ramai pada posisi baris depan; (b) mengulang kembali (mereview) materi yang telah diajarkan; (c) menggunakan strategi pembelajaran penyampaian/exposition; (d) menggunakan strategi pembelajaran individu/individual; (e) menggunakan strategi menyalin; (f) menggunakan metode dikte; (g) melakukan kerjasama antara pihakpihak madrasah dengan orang tua peserta didik; (2) Faktor pendukung yang dihadapi guru adalah (a) adanya Lembar Kerja Siswa (LKS); (b) adanya program menulis; (c) adanya kerjasama yang baik antara pendidik dan peserta didik; (d) media pembelajaran yang mendukung proses penyampaian materi; (3) Kendala yang dihadapi guru adalah (a) kurang efektifnya penggunaan metode dikte, di mana siswa masih belum bisa di kondisikan dan penggunaan metode tersebut membutuhkan waktu yang lama; (b) kebiasaan peserta didik yang menulis dalam waktu yang lama; (c) adanya siswa yang kurang memiliki kesadaran akan pentingnya kegiatan menulis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143142 KANTHI LESTARI |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 03:17 |
Last Modified: | 02 Jul 2018 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7786 |
Actions (login required)
View Item |