SISKA MAELASARI, 2817133179 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (788kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “ Penerapan Model Kooperatif tipe Card sort pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar”. Ditulis oleh Siska Maelasari NIM : 2817133179, dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM.M.Pd Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Card Sort, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya pengetahuan peserta didik dalam mempelajari Al-Qur’an Hadits. Terlebih kurang berminatnya peserta didik dalam belajar menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Card Sort yang lebih aktif, menarik dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada Surah Al-Lahab dan Hadits Silaturrahim. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah Penerapan Model Kooperatif tipe Card Sort dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits memahami arti surah Al-Lahab dan Hadits Silaturrahim melalui penerapan Model Kooperatif tipe Card Sort kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits surah Al-Lahab dan Hadits Silaturrahim melalui penerapan Model Kooperatif tipe Card Sort kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2016/2017? Adapun yang menjadi tujuan penulisan skripsi ini adalah : 1) Untuk mendiskripsikan menjelaskan penerapan Model Kooperatif tipe Card Sort dalam kegiatan pembelajaran materi surah Al-Lahab dan Hadits Silaturrahim melalui penerapan Model Kooperatif tipe Card Sort Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2016/2017 ?, 2) Untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam Al-Qur’an Hadits materi surah Al-Lahab dan Hadits Silaturrahim melalui penerapan Model Kooperatif tipe Card Sort kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2016/2017 ? Penelitian ini menggunakan metode penilitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sedangkan Observasi, catatan lapangan dan wawancara digunakan untuk mengamati respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Card Sort, kerjasama peserta didik, keaktifan peserta didik, keadaan peserta didik maupun keadaan guru. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk dokumentasi tindakan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 75. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Card Sort dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Hal ini dituliskan dengan adanya terjadi peningkatan pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan baik dengan prosentase rata – rata 79,04% dan siklus II kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi sangat baik dengan prosentase rata – rata 83,8%. Kemudian juga terjadi peningkatan kemampuan keaktifan peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan 80,9% dan siklus II 83,8%. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 75,4 pada tes formatif siklus I, dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 71,4%. Pada siklus berikutnya, yaitu siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 88,5 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 85,7%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133179 SISKA MAELASARI |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 06:37 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 06:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7795 |
Actions (login required)
View Item |