Darissalamah, Ulfa (2014) Penerapan Metode Make a Match Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
SAMPUL ISI .pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (829kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan, Metode Make a Match Dengan Media Audio Visual, IPS, dan Prestasi Belajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh penyebab kurangnya prestasi belajar IPS siswa kelas V MIN Kolomayan adalah 1) Siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan karena munculnya rasa bosan dengan metode pembelajaran yang monoton yaitu lebih banyak didominasi oleh guru dan siswa pandai saja sedangkan siswa yang kurang pandai cenderung bersifat pasif, 2) Siswa kurang menyukai IPS karena menganggap bahwa IPS adalah mata pelajaran yang sulit dimengerti. Dalam penelitian ini peneliti memilih materi jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan dalam kemerdekaan Indonesia dengan mengunakan metode make a match dengan media audio visual sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Pembelajaran menggunakan metode make a match dengan media audio visual ini dengan harapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan, sehingga prestasi siswa bisa meningkat. Dalam penelitian ini memiliki satu fokus masalah yaitu:1) Bagaimana penerapan metode make a match dengan media audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014? 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar IPS dengan penerapan metode make a match dengan media audio visual pada siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan penerapan metode make a match dengan media audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blita tahun ajaran 2013/2014. 2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar IPS dengan penerapan metode make a match dengan media audio visual pada siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode make a match dengan media audio visual sangat efektif diterapkan xxi pada siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar materi jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. 2) Penerapan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode make a match dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan mulai pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 57,78 (pre test), meningkat menjadi 70,95 (post test siklus I), dan semakin meningkat lagi menjadi 87,03 (post test siklus II).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Oct 2014 04:07 |
Last Modified: | 09 Oct 2014 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/78 |
Actions (login required)
View Item |