STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG

ASMA AINI NASJWA, 1721143070 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik di SMK Sore Tulungagung” ini ditulis oleh Asma Aini Nasjwa, NIM. 1721143070. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Drs. H. Munardji, M.Ag NIP. 19541218 198602 1 001 Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam yang dihadapkan pada zaman modern diantaranya adalah maraknya berbagai macam teknologi yang semakin canggih, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan peserta didik dalam belajar, khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Di SMK Sore Tulungagung terdapat banyak siswa yang masih kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an, hal ini disebabkan oleh faktor baik intern maupun ekstern. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi guru PAI dalam pembelajaran dan juga pada kegiatan prifat yang dilakukan oleh guru PAI dengan harapan dapat memberikan dorongan penuh kepada peserta didik dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam merencanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan strategi guru PAI dalam merencanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung (2) Untuk menjelaskan strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan strategi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru PAI dalam perencanaan pembelajaran di awal tahun yaitu: sesi wawancara membaca Al-Qur’an pada pendaftaran siswa baru, menyusun perangkat pembelajaran, mengidentifikasi kemampuan siswa, membuat peta kemampuan siswa, menyiapkan materi yang relefan. 2) strategi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu yang pertama kegiatan pendahuluan: membentuk karakter siswa yang dekat dengan Al-Qur’an dengan membaca surat An-Nas sampai Al-Ashr, melakukan apersepsi pembelajaran. Yang kedua kegiatan penyajian: menggunakan materi dari LKS maupun buku penunjang PAI, pembelajaran membaca al-quran melalui tutor teman sebaya, mengadakan kegiatan prifat membaca Al-Qur’an. Yang ketiga kegiatan penutup: melakukan refleksi pelajaran. 3) strategi guru PAI dalam evaluasi pembelajaran yaitu mengadakan tes membaca Al-Qur’an dengan kriteria penilaian: adab membaca AlQur’an, ketepatan makhraj, kesesuaian bacaan dengan tajwid. Penilaian psikomotorik yang dilakukan guru pada siswa berupa penilaian dari segi keindahan bacaan siswa seperti membaca dengan Tartil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143070 ASMA AINI NASJWA
Date Deposited: 02 May 2018 07:38
Last Modified: 02 May 2018 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7816

Actions (login required)

View Item View Item