PENANAMAN NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TA’LIMUL MUTA’ALLIM DI MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NAHDIYATUL UMAH, 1721143296 (2018) PENANAMAN NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TA’LIMUL MUTA’ALLIM DI MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (509kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai Religius Siswa Melalui Pembelajaran Ta’limul Muta’allim di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nahdiyatul Umah, NIM 1721143296, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Faktultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh: Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Nilai Religius, Pembelajaran Ta’limul Muta’allim. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang masuk ke madrasah tersebut dengan latar belakang yang berbeda-beda dalam bentuk tingkah laku maupun sikap sehari-harinya. Pembelajaran Ta’limul Muta’allim sangat bermanfaat bagi siswa, karena di dalam kitab tersebut mencakup tentang bagaimana cara mencari ilmu, akhlak yang baik, dan dapat merubah perilaku atau akhlak siswa dalam bertutur kata dan tingkah laku dalam keseharian, yang sebelumnya belum pernah mengenal tentang hal tersebut menjadi lebih mengenalnya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penanaman nilai akhlak siswa melalui pembelajaran Ta’limul Muta’allim di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana penanaman cara menuntut ilmu siswa melalui pembelajaran Ta’limul Muta’allim di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai akhlak siswa melalui pembelajaran Ta’limul Muta’allim di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan penanaman cara menuntut ilmu siswa melalui pembelajaran Ta’limul Muta’allim di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik). Hasil penelitianya adalah (1) Penanaman nilai akhlak siswa melalui pembelajaran Tali’mul Muta’allim di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung adalah dibentuk dengan mengarahkan siswa untuk selalu bertingkah laku yang baik, baik tata kramanya, sopan santunnya terhadap guru, maupun cara menghargai teman. Seorang guru selalu memberi arahan kepada siswanya untuk selalu bertingkah laku yang baik yang sesuai dengan kitab Ta’limul Muta’allim. Siswa sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-harinnya apa yang telah diajarkan oleh guru mengenai akhlak yang baik. (2) Cara yang digunakan dalam penanaman cara menuntut ilmu siswa melalui pembelajaran Ta’limul Muta’allim di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung yaitu guru senantiasa memberi arahan bagaimana cara menuntut ilmu yang baik. Guru mengajarkan betapa pentingnya menuntut ilmu bagi seorang siswa. Guru mengarahkan siswa agar tetap selalu semangat, sabar dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, mengajarkan kepada siswa tentang waktu-waktu yang baik digunakan untuk belajar, seperti menjelang waktu subuh maupun diantara maghrib dan isya’. Selalu mengarahkan siswa bahwa menuntut ilmu sangatlah penting bagi dirinya karena untuk menggapai cita-citanya harus dengan menggunakan ilmu. Dalam menyampiakan suatu materi tentang cara menuntut ilmu guru mengambil rujukan syi’iran “ala la”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143296 NAHDIYATUL UMAH
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:48
Last Modified: 09 Aug 2018 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7817

Actions (login required)

View Item View Item