Purnawati, Zuni, (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Aryojeding Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Awal.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
Sampul Awal.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-5.pdf Download (764kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) , Hasil Belajar. Pada umumnya di dalam satu kelas terdapat keanekaragaman kemampuan siswa yaitu rendah, sedang dan tinggi. Sehingga diperlukan pendekatan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa agar hasil belajar siswa meningkat, salah satu model pembelajaran tersebut adalah Aptitude Treatment Interaction (ATI). Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) adalah model pembelajaran yang secara sengaja didesain untuk menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik kemampuan (aptitude) siswa yang berbeda. Untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa melalui perlakuan (treatment) yang disesuaikan dengan kemampuan mereka. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Aryojeding Tahun Ajaran 2013/2014? (2) apakah ada pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Aryojeding Tahun Ajaran 2013/2014. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Aryojeding Tahun Ajaran 2013/2014. (2) untuk mengetahui adanya pengaruh model Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Aryojeding Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan variabel bebas yaitu model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan variabel terikatnya hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini mengambil populasi seluruh kelas VIII yang berjumlah 232 siswa, tetapi hanya 74 siswa yang diambil sebagai sampel yang terdiri dari 2 kelas. Teknik analisis yang digunakan untuk menghitung yaitu menggunakan uji t. Sedangkan data-datanya diperoleh melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini didapatkan kelas eksperimen VIII G memilikki nilai rata-rata hasil belajar sebesar 87,69 yang lebih besar dari kelas kontrol VIII H yang memilkki nilai rata-rata hasil belajar sebesar 69,81. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding. Hal ini ditunjukkan oleh hasil hitung melalui SPSS 16.0 diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan nilai t sebesar 6,388 maka, Ho ditolak dan Hα diterima. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterimadan terdapat pengaruh antara model Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 03:40 |
Last Modified: | 26 Jan 2015 03:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/784 |
Actions (login required)
View Item |