ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH MIKRO GERAI MUAMALAH PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

NURLAILI MASRUROH, 1741143278 (2018) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH MIKRO GERAI MUAMALAH PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Di Lembaga Keuangan Syariah Mikro Gerai Muamalah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo” ini ditulis oleh Nurlaili Masruroh, NIM. 1741143278, pembimbing Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE. MM. Fenomena kegiatan pemasaran yang terjadi di LKS Mikro Gerai Muamalah Pondok Pesantren Nurul Jadid ini memperlihatkan bahwa strategi bauran pemasaran yang dilakukan terlihat efektif untuk basik lembaga keuangan mikro, namun masih ada kekurangan (minus) yang terjadi pada LKS tersebut yakni adanya persoalan terkait pembiayaan bermasalah bagi nasabah walau dengan pelayanan yang sudah optimal dan maksimal. Fokus kajian penelitian skripsi ini adalah penerapan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) pada lembaga keuangan syariah (LKS), Apa saja produk yang dilayani,dan yang terakhir apa yang menjadi produk ungulan dari LKS. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana strategi bauran pemasaran yang dilakukan Keuangan Syariah Mikro Gerai Muamalah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Adapun tujuan penelitian ini mendiskripsikan strategi bauran pemasaran, mendiskripsikan macam-macam produk jasa keuangan yang dilayani, dan mendiskripsikan produk unggulan yang diutamakan.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara secara mendalam dan observasi. Penggalian data bersumber pada informan dan situasi sosial masyarakat Karanganyar dan Paiton. Hasil temuan yang diperoleh adalah bahwa: Pertama, penerapan strategi pemasaran yang digunakan adalah bauran pemasaran 4 P (Product/produk, Price/harga, Place/tempat, Promotion/promosi) yang dilihat dari segmentasi pasar, target pasar, serta posisi pasarnya yang kemudian dihubungkan dengan bauran pelanggan 4C. Kedua, produk yang dilayani terdiri dari produk utama, produk generik/usaha dan produk harapan. Ketiga, Produk unggulan dari LKS mikro Gerai Muamalah Nurul Jadid yaitu terdiri dari Murabahah, Rahn (Gadai Syariah), Qord (Pinjaman/Talangan Haji). Penerapan strategi marketing mix LKS Mikro Gerai Muamalah Nurul Jadid sudah diterapkan walaupun masih terdapat hal-hal yang perlu dibenahi kaitannya dengan kesadaran nasabah dalam hal pembiayaan terhadap produk-produknya. Kata Kunci : Bauran Pemasaran (Marketing Mix).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143278 NURLAILI MASRUROH
Date Deposited: 03 May 2018 04:42
Last Modified: 03 May 2018 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7858

Actions (login required)

View Item View Item