MUHAMAT FATKHUR ROFI’, 1756154040 (2018) METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (120kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik” ini ditulis oleh Muhamat Fatkhur Rofi’, NIM: 175615040, dibimbing oleh Dr. Muhamad Jazeri, M.Pd dan Ibu Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Kata Kunci : Metode, Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam, Karakter religius Penelitian Tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang kontras dengan tujuan pendidikan nasional yang bertujuan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Salah satu persoalan yang krusial yang menjadi permasalahan bangsa dan agama adalah semakin merosotnya moral di kalangan remaja. Hal tersebut, sudah tidak bisa dihindari lagi saat ini. Segala permasalahan yang pelik menjerat hampir seluruh remaja yang ada di Negara Indonesia ini khususnya di daerah perkotaan. Lembaga pendidikan yang sebenarnya diharapkan mampu mengarahkan serta membentuk manusia yang berkarakter dan berakhlak mulia, ternyata belum mampu merealisasikan harapan tersebut. Pertanyaan penelitian dalam penelitian tesis ini adalah: (1) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam dalam membangun religius kepada Allah di MTsN Kunir Wonodadi Blitar dan MTsN Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam dalam membangun karakter religius kepada sesama di MTsN Kunir Wonodadi Blitar dan MTsN Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam dalam membangun karakter religius kepada Lingkungan di MTsN Kunir Wonodadi Blitar dan MTsN Ngantru Tulungagung? Setidaknya ada tiga tujuan dalam penelitian ini, yang pertama untuk memahami dan melakukan analisis bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam dalam membangun karakter peserta didik kepada Allah di MTsN Kunir Wonodadi Blitar dan MTsN Ngantru Tulungagung. Yang kedua untuk memahami dan melakukan analisis bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam dalam membangun karakter peserta didik kepada sesama di MTsN Kunir Wonodadi Blitar dan MTsN Ngantru Tulungagung. Dan yang terakhir untuk memahami dan melakukan analisis bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam dalam membangun karakter peserta didik kepada lingkungan di MTsN Kunir Wonodadi Blitar dan MTsN Ngantru Tulungagung. Pendekatan kualitatif dipilih dalam penelitian ini. Sebagaimana yang telah kita ketahui dalam penelitian kualitatif data-data yang diperoleh berupa kata-kata tertulis, ucapan lisan, bentuk perilaku yang dapat diamati melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, maka peneliti menganalisa dengan cara kualitatif. Dari hasil penelitian ini, setidaknya peneliti menemukan tiga penemuan yakni yang Pertama, secara garis besar metode penanaman nilai-nilai agama Islam dalam membangun karakter peserta didik kepada Allah di MTsN Kunir Blitar menggunakan tiga metode yakni uswatun hasanah, bimbingan, dan pembiasaan. Metode uswatun hasanah digunakan dengan memberikan contoh suri tauladan yang baik dalam segala hal. Metode bimbingan digunakan saat pembelajaran didalam kelas yakni mencakup pengelolaan kelas pada saat pembelajaran, dengan tujuan agar kelas kondusif sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Kemudian yang terakhir melalui metode pembiasaan seperti membiasakan do’a bersama, sholat dhuha berjama’ah, dan tadarus Al-qur’an sebelum pelajaran dimulai, sholat dhuhur berjama’ah, istighasah, dan peringatan PHBI. Kedua, dalam upaya membangun karakter religius kepada sesama, selain menggunakan metode bimbingan di dalam kelas dan di luar kelas melalui kegiatan ekstra shalawat guna membangun rasa cinta kepada sesama, juga menggunakan metode uswatun hasanah yang wajib dilakukan oleh seorang guru sebagai teladan yang baik bagi peserta didik. Selain kedua metode tersebut, seorang guru juga menggunakan metode pembiasaan, yang memang diprogramkan oleh pihak madrasah guna menumbuhkan karakter yang baik terhadap sesama seperti patuh dan hormat kepada guru, patuh dan hormat kepada orang tua dan lain-lain. Ketiga, metode penanaman nilai-nilai agama Islam dalam membangun karakter peserta didik kepada lingkungan tidak hanya menggunakan metode bimbingan di kelas saja akan tetapi juga bekerjasama dengan tim Adiwiyata Madrasah yang lebih terfokus pada pengelolaan lingkungan. Bentuk kegiatannya adalah berupa bimbingan/sosialisasi terkait pelestarian lingkungan (flora dan fauna). Selain itu tentunya juga menggunakan metode uswatun hasanah dan pembiasaan guna mewujudkan generasi yang bersih dan sehat.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muhamat fatkhur rofi |
Date Deposited: | 24 May 2018 07:39 |
Last Modified: | 24 May 2018 07:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7883 |
Actions (login required)
View Item |