LIYA ULFATUN NIKMAH, 1741143200 (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN PENERAPAN PRINSIP SYARIAH TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DI BAITUL MAAL WA TAMWIL BERKAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (369kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Loyalitas Anggota di Baitul Maal wa Tamwil Berkah Trenggalek” ini ditulis oleh Liya Ulfatun Nikmah, NIM. 1741143200, Pembimbing Dr. agus Eko Sujianto, SE., MM. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh berkembangnya lembaga keuangan baik syariah ataupun konvensional yang semakin bertambah banyak. Perkembangan tersebut menjadikan persaingan antar lembaga semakin ketat untuk menjaga kelangsungan hidup dari lembaga itu sendiri, dengan mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya. Selain dengan mendapatkan atau mencari nasabah, kelangsungan hidup dari lembaga dapat dipertahankan bahkan dikembangkan dengan memiliki nasabah atau anggota yang loyal. Disamping itu, sebagian masyarakat berpersepsi atau berfikir bahwa antara lembaga keuangan syariah dan konvensional itu sama saja, dan bekerja sama dengan lembaga keuangan konvensional lebih mudah dan menguntungkan dibanding lembaga keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota di BMT Berkah Trenggalek; (2) Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas anggota di BMT Berkah Trenggalek; (3) Pengaruh penerapan prinsip syariah terhadap loyalitas anggota di BMT Berkah Trenggalek; (4) Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan penerapan prinsip syariah secara simultan terhadap loyalitas anggota di BMT Berkah Trenggalek. Populasi yang dijadikan sebagai penelitian adalah seluruh anggota BMT Berkah Trenggalek dengan pengambilan sampel sebanyak 92 anggota atau responden. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Dalam pengambilan sampel menggunakan metode Stratified Random Sampling dengan model sampel fraction. Sumber data menggunakan data primer dengan mengisi kuesioner, dan skala penelitian menggunakan skala likert, serta pengumpulan datanya dengan menyebar angket kepada responden. Dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Dari hasil pengujian dinyatakan bahwa (1) Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota BMT Berkah Trenggalek; (2) Secara parsial kualitas produk berpengaruh negatif dan signifika terhadap loyalitas anggota di BMT Berkah Trenggalek; (3) Secara parsial penerapan prinsip syariah berpengaruh negatif dan signifika terhadap loyalitas anggota di BMT Berkah Trenggalek; (4) Secara simultan atau bersama-sama variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan penerapan prinsip syariah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota BMT Berkah Trenggalek. Nila R square sebesar 0,96 menunjukkan 96% variabel loyalitas anggota dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dan sisanya dijelaskan variabel lain diluar ketiga variabel independen tersebut. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Prinsip Syariah, dan Loyalitas Anggota
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 1741143200 LIYA ULFATUN NIKMAH |
Date Deposited: | 14 May 2018 06:13 |
Last Modified: | 14 May 2018 06:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7917 |
Actions (login required)
View Item |