STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG

DANAR NANDA RACHMAWATI, 1725143050 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Danar Nanda Rachmawati, 1725143050, 2018 ‘‘Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Moral Siswa SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung“. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Moral Moral diartikan sebagai tabiat atau kelakuan. Kata moral selalu mengacu pada baik dan buruknya perbuatan manusia sebagai manusia. Pendidikan moral adalah hal yang sangat penting yang dibutuhkan oleh setiap siswa, karena dapat membentuk pribadi siswa menjadi manusia yang berakhlakul karimah dimanapun berada. Salah satu bentuk pendidikan moral yang dilakukan di sekolah adalah dengan pembiasaan budaya religius dengan menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam penanaman nilai-nilai moral di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam penanaman nilai-nilai moral di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam penanaman nilai-nilai moral di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dilakukan dengan tekhnik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data diskusi hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan: (1) Strategi yang digunakan guru disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan diorientasikan pada pengusaan pengetahuan tentang nilai-nilai moral sehingga siswa harus mampu membedakan nilai nilai akhlak mulia dan akhlak tercela sehingga tumbuh kesadaran, keinginan dan kebutuhan yang akan tercipta kebiasaan. (2) Pelaksanaan pembinaan moral dibiasakan untuk berjabat tangan dengan para guru, upacara bendera setiap Senin, budaya mengantri, sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, dibudayakan 5S dimanapun berada, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, upacara bendera setiap senin, mengaji iqro’ dan al-qur’an, peringatan PHBI disekolah, buku kendali keagamaan tentang kelakuan siswa dirumah, dimana kelakuan-kelakuan yang telah dilakukan dirumah bisa ditandatangani orangtua dan menanamkan sikap disiplin terhadap peraturan sekolah. (3) Evaluasi yang digunakan meliputi nilai raport, pertemuan atau rapat antara kepala sekolah, walimurid dengan guru, pertemuan atau rapat antara kepala sekolah dengan guru, catatan harian guru, analisa atau pengamatan langsung, dan terakhir catatan laporan buku kendali siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143050 DANAR NANDA RACHMAWATI
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:12
Last Modified: 16 Jul 2018 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item View Item