ZAENUDDIN, 175615057 (2018) IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DAN BANDONGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA KITAB KUNING (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dan Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (500kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (208kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (148kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Metode Diskusi dan Bandongan dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca Kitab Kuning (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dan Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung)” Disusun oleh Zaenuddin (175615057) dengan bimbingan Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. dan Dr. H. Abdul Manab, M.Si Kata Kunci : Metode Diskusi, Bandongan, Kemampuan Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan santri tentang kesiapan penggunaan metode diskusi dan bandongan dalam pembelajaran kitab kuning. Yang mana telah kita ketahui bahwa metode diskusi dan bandongan merupakan metode tradisional yang masih bertahan ditengah-tengah berbagai macam metode pembelajaran yang variatif pada era yang modern sekarang ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaaan metode diskusi dan bandongan dalam meningkatkan kemampuan santri membaca kitab kuning. Fokus penelitian tesis ini adalah 1). Bagaimana implementasi metode diskusi di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dan Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung 2). Bagainama implementasi metode bandongan di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dan Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung 3). Bagaiman meningkatkan kemampuan santri membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dan Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah Studi multi situs dengan kasus yang ada di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dan Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data lintas kasus. Tesis ini semoga bermafaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas hidup khusunya dalam pembelajaran dengan memahami metode diskusi dan bandongan dalam meningkatkan kemampuan santri membaca kitab kuning. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa (1) Implementasi metode diskusi yaitu interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih. Setiap peserta bebas berpendapat, menyanggah pendapat, dan juga diberikan kebebasan mengoreksi jawaban yang tidak tepat. Semua keputusan harus berdasarkan pada musyawarah. (2) Implementasi metode bandongan. Ustadz memulai dengan salam kemudian membaca teks Arab gundul kata demi kata sekaligus menerangkanya, setelah itu memberi kesempatan santri untuk bertanya dan ketika pembelajaran sudah selesai guru menutup dengan salam. (3) Untuk meningkatkan kemampuan santri membaca kitab adalah dengan cara hafalan nadhoman, agenda diskusi rutin, membaca kitab berulang-ulang, melengkapi catatan di kitabnya, mengikuti Bahtsul masail, mengikuti lomba baca kitab, belajar dengan teman atau pengurus.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 175615057 ZAENUDDIN |
Date Deposited: | 31 May 2018 01:50 |
Last Modified: | 31 May 2018 01:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8025 |
Actions (login required)
View Item |