CHOIRUNNIA HALIMATUSSA'DIAH, 2817133021 (2018) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENANAMKAN NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (103kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Kegiata Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Menanamkan Nilai Religius Peserta Didik MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung” di tulis oleh Choirunnia Halimatussa’diah, NIM. 2817133021, Pembimbing skripsi: Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan, Nilai Religius Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Proses pendidikan membentuk, membina dan mengembangkan manusia, sehingga secara kualitatif memiliki kemampuan membangun rakyat dan negara. Persoalan keagamaan perlu mendapatkan perhatian lebih dari semua komponen pendidikan, mengingat waktu penerapan secara khusus untuk pendidikan agama di sekolah relatif sempit. Maka dari itu diperlukan pelajaran agama tambahan agar nilai religius yang dimiliki peserta didik dapat meningkat, yaitu dengan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar peserta didik dapat memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan, mendorong pembinaan nilaidan sikap demi untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik. Sehubungan dengan hal itu MI Jati Salam Gombang adalah madrasah yang menerapkan program pengembangan pendidikan islam dengan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Skripsi ini bertujuan: (1) Untuk memaparkan perencanaan program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. (2) Untuk memaparkan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam upaya menanamkan nilai religius peserta didik di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. (3) Untuk memaparkan evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam menanamkan nilai religius peserta didik di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dimana peneliti bertindak sebagai instrumen atau kunci dengan menggunakan pendekatan study kasus dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam, dengan mengabaikan fenomena-fenomena lainnya. Data yang diperoleh yaitu dari Person (Manusia), Place (tempat), dan Paper (kertas) yang diperoleh dari lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan pasif yang dimana peneliti datang ke tempat hanya mengamati dan tidak ikut terlibat dalam kegiatan, wawanacara mendalam agar peneliti memperoleh data secara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing/ Verivikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan mengeceknya dari berbagai sumber dan memanfaatkan berbagai teknik pengumpulan data. Serta menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk pengecekan keabsahan data. Setelah peneliti melakukan penelitian dengan metode seperti yang telah ditulis diatas terkait dengan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam menanamkan nilai religius peserta didik MI Jati Salam Gomabng Pakel Tulungagung dapat disimpulkan bahwa: (1) Dalam merencanakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung membuat beberapa program. Ada beberapa program ekstrakurikuler yang dibentuk untuk menanamkan nilai religius peserta didik, diantaranya: BTQ, Shalawat Al-Banjari, Kaligrafi, Pidato Bahasa Arab, Pemantapan gerakan shalat dan wisuda shalat, tahfidz, SBQ, dan PHBI. (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dilakukan setiap hari untuk ekstrakurikuler wajib, setiap hari jum’at sore, dan minggu pagi untuk ekstrakurikuler keagamaan lainnya dan penanaman nilai religius peserta didik dilakukan dengan cara pemberian nasihat-nasiahat, pemberian motivasi, keteladanan, dan pembiasaan kedalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. (3) Evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dapat dilihat dari antusias peserta didik yang setiap tahunnya meningkat, keistiqomahan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan dari hasil perlombaan juga termasuk hal yang menjadi dasar evaluasi dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk menanamkan nilai religius peserta didik MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133021 CHOIRUNNIA HALIMATUSSA'DIAH |
Date Deposited: | 31 May 2018 07:16 |
Last Modified: | 31 May 2018 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8033 |
Actions (login required)
View Item |