PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI MI BENDIL JATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

GINKA FRANSISCA, 1725143109 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI MI BENDIL JATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (321kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa melalui Pembelajaran Bahasa Jawa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ginka Fransisca, NIM: 1725143109, dibimbing oleh DR. Mohamad Jazeri, S.Ag.,M.Pd. Kata kunci: penanaman nilai karakter, pembelajaran, Bahasa Jawa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa karakter anak bangsa saat ini tidak sesuai dengan tujuan pendidikan karakter. Faktor yang menyebabkan lemahnya karakter anak bangsa adalah kurangnya kedisiplinan para remaja maupun anak-anak, kurang perhatian dari orang tua, kurangnya perhatian guru, dan canggihnya teknologi. Maka dari itu pendidikan karakter sangat diperlukan dalam dunia pendidikan terutama dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya melalui pendidikan muatan lokal, bahasa, sastra dan budaya Jawa pada mata pelajaran bahasa Jawa. Pembelajaran bahasa Jawa sangat diperlukan di tingkat sekolah dasar sebagai pembentuk karakter peserta didik. Berangkat dari hal tersebut penulis tertarik untuk mengangakat judul Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam materi pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas 5b di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana proses penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas 5b di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter pada siswa kelas 5b di MI Bendil Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, maksudnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka-angka. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari manusia, kegiatan belajar mengajar, dan arsip-arsip sekolah. Tehnik analisis data melalui tiga cara yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil temuan sebagai berikut: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam materi pembelajaran Bahasa Jawa adalah nilai karakter sopan santun dan hormat yang terdapat dalam materi penggunaan basa ngoko dan basa krama. (2) Proses penanaman nilai-nilai karakter yang terdapat dalam materi pembelajaran Bahasa Jawa dengan cara menerapkan pembiasaan sikap dan kegiatan keagamaan. (3) Faktor pendukung proses penanaman nilai-nilai karakter adalah keluarga, sekolah, masyarakat, dan sarana prasarana. Sementara faktor penghambat proses penanaman nilai-nilai karakter adalah diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar (masyarakat, teman bermain, pergaulan), dan kemajuan tekhnologi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143109 GINKA FRANSISCA
Date Deposited: 08 Jun 2018 01:54
Last Modified: 08 Jun 2018 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8097

Actions (login required)

View Item View Item