KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERKAIT KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS

VIVIT NINGTIYAS, 1724143259 (2018) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERKAIT KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vivit Ningtiyas. 1724143259. 2018. “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMAN 1 Ngunut Tulungagung dalam Menyelesaikan Masalah Komposisi Fungsi dan Invers”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Ibu Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Matematis, Penalaran Deduktif, Komposisi Fungsi, Invers Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada umumnya masih tergolong rendah. Sedangkan kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu unsur penting dalam proses belajar matematika. Kemampuan penalaran matematis mencerminkan seberapa besar kemampuan bernalar siswa dalam konsep dan pemahaman matematika. Penting bagi guru untuk mengetahui sejauh mana kemampuan penalaran matematis siswa khususnya penalaran matematis yang ditinjau dari penalaran deduktif sehingga guru mampu menentukan strategi yang tepat dalam memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswanya. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) menjelaskan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari penalaran deduktif siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Ngunut dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah komposisi fungsi dan invers. 2) menjelaskan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari penalaran deduktif siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Ngunut dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah komposisi fungsi dan invers. Dan 3) menjelaskan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari penalaran deduktif siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Ngunut dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah komposisi fungsi dan invers. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa siswi kelas X MIPA 5 SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes tulis, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) kemampuan matematika tinggi cenderung memenuhi semua indikator pada penalaran matematis deduktif, yaitu mampu menggunakan perhitungan sesuai dengan rumus atau aturan, mampu menarik kesimpulan yang logis, dan mampu menyusun pembuktian. 2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang memenuhi 1 atau 2 indikator penalaran matematis secara deduktif yaitu mampu menggunakan perhitungan sesuai dengan aturan meskipun tidak sempurna, dan mampu menarik kesimpulan yang logis. 3) Siswa dengan kemampuan matematika sedang memenuhi 1 atau 2 indikator penalaran matematis secara deduktif yaitu mampu menggunakan perhitungan sesuai dengan aturan, dan mampu menarik kesimpulan yang logis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143259 VIVIT NINGTIYAS
Date Deposited: 18 Jul 2018 03:12
Last Modified: 18 Jul 2018 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item