VIVIT NINGTIYAS, 1724143259 (2018) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERKAIT KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (407kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (428kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (641kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (133kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Vivit Ningtiyas. 1724143259. 2018. “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMAN 1 Ngunut Tulungagung dalam Menyelesaikan Masalah Komposisi Fungsi dan Invers”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Ibu Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Matematis, Penalaran Deduktif, Komposisi Fungsi, Invers Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada umumnya masih tergolong rendah. Sedangkan kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu unsur penting dalam proses belajar matematika. Kemampuan penalaran matematis mencerminkan seberapa besar kemampuan bernalar siswa dalam konsep dan pemahaman matematika. Penting bagi guru untuk mengetahui sejauh mana kemampuan penalaran matematis siswa khususnya penalaran matematis yang ditinjau dari penalaran deduktif sehingga guru mampu menentukan strategi yang tepat dalam memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswanya. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) menjelaskan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari penalaran deduktif siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Ngunut dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah komposisi fungsi dan invers. 2) menjelaskan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari penalaran deduktif siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Ngunut dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah komposisi fungsi dan invers. Dan 3) menjelaskan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari penalaran deduktif siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Ngunut dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah komposisi fungsi dan invers. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa siswi kelas X MIPA 5 SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes tulis, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) kemampuan matematika tinggi cenderung memenuhi semua indikator pada penalaran matematis deduktif, yaitu mampu menggunakan perhitungan sesuai dengan rumus atau aturan, mampu menarik kesimpulan yang logis, dan mampu menyusun pembuktian. 2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang memenuhi 1 atau 2 indikator penalaran matematis secara deduktif yaitu mampu menggunakan perhitungan sesuai dengan aturan meskipun tidak sempurna, dan mampu menarik kesimpulan yang logis. 3) Siswa dengan kemampuan matematika sedang memenuhi 1 atau 2 indikator penalaran matematis secara deduktif yaitu mampu menggunakan perhitungan sesuai dengan aturan, dan mampu menarik kesimpulan yang logis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143259 VIVIT NINGTIYAS |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 03:12 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8099 |
Actions (login required)
View Item |