IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Multikasus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut)

NURUL MUHTAROMAINI, 1756154044 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Multikasus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (890kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Boarding School dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Multi kasus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung)” ini ditulis oleh Nurul Muhtaromaini dengan dibimbing oleh Dr. H.Abdul Manab, M.Ag dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Boarding School, Karakter Siswa. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena semakin menurunnya etika dan moral serta kenakalan pelajar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya tawuran, perbuatan asusila dan terjadinya kekerasan di sekolah maupun di luar yang dilakukan oleh pelajar. Para guru di sekolah/ madrasah belum sepenuhnya memposisikan diri sebagai guru agama yakni sebagai penutan dan teladan bagi siswa dalam bersikap dan berperilaku, sehingga pembentukan karakter siswa belum maksimal. Untuk membentuk siswa agar memiliki akhlak yang baik maka pembentukan karakter sangat penting untuk ditanamkan. Pendidikan karakter akan lebih maksimal jika dalam penerapanya didukung dan melalui kerjasama dari berbagai pihak, sehingga pendidikan karakter tidak hanya ditanamkan dalam kegiatan di sekolah saja namun juga di dalam kehidupan di luar jam sekolah. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan pembelajaran PAI berbasis boarding school dalam membentuk karakter siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?; (2) Bagaimana metode pembelajaran PAI berbasis boarding school dalam membentuk karakter siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI berbasis boarding school dalam membentuk karakter siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran yang diterapkan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung adalah pendekatan pembiasaan, pendekatan keteladanan, pendekatan pengalaman dan pendekatan keimanan; (2) Metode pembelajaran yang diterapkan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung adalah metode diskusi, metode berbasis masalah, metode ceramah, metode tanya jawab dan metode demonstrasi; (3) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung yakni sama-sama menggunakan teknik tahrӯrӯ (tes tulis), latihan, pengamatan. Selain menggunakan evaluasi tersebut di Darul hikmah menggunakan teknik syfahӯ (tes lisan) sedangkan di SMAI Sunan Gunung Jati tidak menggunakan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756154044 NURUL MUHTAROMAINI
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:36
Last Modified: 28 Jun 2018 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8140

Actions (login required)

View Item View Item