LATIFATUN NI’MAH, 1724143135 (2018) PROFIL METAKOGNISI SISWA DENGAN GAYA BELAJAR REFLEKTIF DAN IMPULSIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X DI SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Latifatun ni’mah, 1724143135, 2018, Profil Metakognisi Siswa dengan Gaya Belajar Reflektif dan Impulsif pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMAN 1 Campurdarat, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Negeri Tulungagung, Pembimbing, Ummu Sholihah,M.Si. Kata Kunci: Metakognisi, SPLTV, Gaya Belajar Reflektif, Gaya Belajar Impulsif Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami suatu permasalahan padahal konsep-konsep yang digunakan telah diajarkan sebelumnya, siswa kesulitan mengingat tentang materi yang telah diajarkan, kurangnya kesadaran siswa akan pengetahuan yang telah dimilikinya sendiri, siswa belum dapat mengontrol dan merefleksi hasil berpikirnya sendiri, masih mengandalkan bantuan dari guru. Sehingga mengakibatkan tingkat keraguan dalam menyelesaikan soal semakin tinggi, dan mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Dengan demikian metakognisi berpengaruh terhadap pemecahan masalah pada siswa, pemecahan masalah pada siswa berkaitan erat dengan gaya kognitif siswa. Gaya kognitif dibedakan menjadi dua yaitu gaya belajar Reflektif dan Impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa dengan gaya belajar reflektif dan metakognisi siswa dengan gaya belajar impulsif dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) kelas X di SMAN 1 Campurdarat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bekerjasama dengan pihak sekolah, yaitu Kepala Sekolah, guru, dan siswa khususnya kelas X MIPA 2 SMAN 1 Campurdarat. Tes tertulis berupa tes Matching Familiar Figure Test (MFFT) yang diikuti oleh 27 siswa kelas X MIPA 2 guna mengukur gaya belajar Reflektif dan Impulsif dan tes metakognisi yang terdiri dari 3 butir soal uraian dalam waktu 50 menit dengan diikuti 4 siswa dari 27 siswa yang dipolih berdasarkan gaya belajar kognitif yaitu 2 siswa dengan gaya belajar reflektif, 2 siswa dengan gaya belajar impulsif. Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu gambaran tentang metakognisi yaitu siswa dengan gaya belajar reflektif memenuhi ketiga aspek pada metakognisi yaitu aspek perencanaan (planning) diantaranya siswa mengetahui maksud dan tujuan dari soal yang diberikan, siswa memperoleh rencana yang akan digunakan untuk penyelesaian soal, aspek monitoring pelaksanaan diantaranya siswa melakukan langkah – langkah dengan penuh keyakinan, menetapkan hasil, dan aspek evaluasi tindakan siswa meneliti kembali hasil yang telah ia tetapkan. Sedangkan, siswa dengan gaya belajar impulsif hanya memenuhi beberapa indikator dalam metakognisi yaitu aspek perencanaan siswa mengetahui tujuan dari soal namun belum mengetahui rencana pelaksanaan, aspek monitoring pelaksanaan siswa belum menetapkan hasil dengan baik dan aspek evaluasi tindakan siswa belum meneliti kembali hasil yang telah dia tetapkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143135 LATIFATUN NI’MAH |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 06:20 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 06:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8142 |
Actions (login required)
View Item |