PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KREATIVITAS GURU MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN SE KABUPATEN TRENGGALEK

NOVA TRI PRASETIYO, 1756144041 (2018) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KREATIVITAS GURU MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN SE KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (734kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kreativitas Guru Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Motivasi belajar Siswa di MAN Se Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Nova Tri Prasetiyo NIM. 1756144041 dengan dibimbing oleh Dr. H. Munardji, M.Ag dan Dr. H. A. Hasyim Nawawie, SH. M.Si Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, dan Fiqih. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh guru yang profesional diyakini mampu mengantarkan siswa dalam pembelajaran untuk menemukan, mengelola, memadukan perolehannya, memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan nilai, maupun keterampilan hidupnya. Guru yang profesional diyakini mampu memungkinkan siswa berpikir, bersikap dan bertindak kreatif. Kreativitas guru dalam mengajar sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Seorang guru yang kreatif dalam mengajar menumbuhkan dampak positif bagi siswa, sebab siswa tidak merasa jenuh dan dapat menerima pelajaran yang diberikan. Dengan demikian pengelolaan proses belajar mengajar yang baik didukung oleh kreativitas guru akan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana kompetensi professional guru, kreativitas guru mata pelajaran Fiqih, dan motivasi belajar siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek? (2) Apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru mata pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek? (3) Apakah ada pengaruh kreativitas guru mata pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek? (4) Apakah ada pengaruh secara bersama-sama kompetensi profesional dan kreativitas guru mata pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran dengan memahami dari sebuah kompetensi professional dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kompetensi professional guru, kreativitas guru mata pelajaran Fiqih, dan motivasi belajar siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek, (2) pengaruh kompetensi profesional guru mata pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MAN Se Kabupaten Trenggalek, (3) pengaruh kreativitas guru mata pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MAN Se Kabupaten Trenggalek, (4) pengaruh kompetensi profesional dan kreativitas guru mata pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MAN Se Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian: penelitia ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 227 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi dan analisis inferensial. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Kompetensi professional guru mata pelejaran Fiqih di MAN se Kabupaten Trenggalek termasuk dalam kategori cukup kuat dengan nilai rata-rata 59,41. Kreativitas guru mata pelajaran Fiqih di MAN se Kabupaten Trenggalek termasuk dalam kategori cukup kuat dengan nilai rata-rata 57,24. Motivasi belajar siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek termasuk dalam kategori cukup kuat dengan nilai rata-rata 60,33. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi professional guru mata pelajaran Fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek sebesar 4%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru mata pelajaran Fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek sebesar 5,2%. (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi professional dan kreativitas guru mata pelajaran Fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MAN se Kabupaten Trenggalek sebesar 23,7%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756144041 NOVA TRI PRASETIYO
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:43
Last Modified: 28 Jun 2018 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8143

Actions (login required)

View Item View Item