PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA TUNANETRA (Studi Multi Situs di SMPLB Bintara Campurdarat dan SMPLB Attanhid Pakel Tulungagung)

RAHMA DWI SELVIANA, 1756154045 (2018) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA TUNANETRA (Studi Multi Situs di SMPLB Bintara Campurdarat dan SMPLB Attanhid Pakel Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Siswa Tunanetra (Studi Multisitus di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Campurdarat dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Attanhid Pakel, Tulungagung)” ini ditulis oleh Rahma Dwi Selviana dengan dibimbing oleh Doktor Hajah Elfi Muawanah, Magister Pendidikan dan Doktor Haji Muwahid Sulhan, Magister Agama. Kata kunci: Peran Guru PAI, Membaca, Menulis, Tunanetra. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang kurang mampu dan kurang minat dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, apalagi jika hal ini terjadi pada anak tunanetra, dimana untuk membaca huruf latin sesuai Ejaan Yang Disempurnakan masih mengalami kesulitan, apalagi dalam membaca Al-Qur’an. Sudah menjadi tanggungjawab orang tua dan guru untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan mereka agar mampu membaca dan menulis Al-Qur’an, seperti yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Bintara Campurdarat dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Attanhid Pakel, Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam mengajari cara membaca Al-Qur’an pada siswa tunanetra?; (2) Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam mengajari cara menulis Arab Braille pada siswa tunanetra?; dan (3) Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam mengajari menghafal ayat Al-Qur’an pada siswa?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi sumber dan metode, dan pembahasan dengan teman sejawat. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Bintara Campurdarat dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Attanhid Pakel, Tulungagung adalah (a) dilaksanakan secara situasional, (b) membaca do’a, dibaca dari sebelah kanan ke kiri, urutannya dimulai dari huruf, harokat, huruf, harokat dan seterusnya sampai ketemu waqof. (c) menggunakan metode ceramah, tanya jawab, iqro’dan fernald. (d) menggunakan media Al-Qur’an Braille dan Iqro’ braille. (e) menggunakan tes hafalan potongan ayat dan surat pendek. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan menulis Arab Braille siswa tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Bintara Campurdarat dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Attanhid Pakel, Tulungagung adalah (a) dilaksanakan secara situasional, (b) ditulis dari kanan ke kiri, urutannya dimulai dari huruf, harokat, huruf, harokat dan seterusnya sampai waqof. (c) menggunakan metode braille, drill dan demonstrasi. (d) menggunakan media kertas braille, stylus dan reglet. (e) menggunakan tes menulis huruf hijayyah beserta harokatnya menjadi gabungan kata. (3). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Bintara Campurdarat dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Bintara Attanhid Pakel, Tulungagung adalah (a) dilaksanakan secara situasional. (b) cara menghafalkan siswa mendengarkan guru, menghafal bersama guru, menghafal bersama teman-teman dan menghafal sendiri. (c) menggunakan metode iqro’, sima’i dan wandah. (d) menggunakan media perekam suara, pengeras suara, kaset CD, Al-Qur’an braille, laptop, mp3 player dan hp. (e) menggunakan tes hafalan siswa melanjutkan potongan ayat yang diucapkan oleh guru dan setor hafalan satu-persatu ke guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756154045 RAHMA DWI SELVIANA
Date Deposited: 29 Jun 2018 03:11
Last Modified: 29 Jun 2018 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8149

Actions (login required)

View Item View Item