PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA KELAS XI MAN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Maya Mahmudah, 1724143154 (2018) PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA KELAS XI MAN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengetahuan Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Program Linear Berdasarkan Kemampuan Akademik Siswa Kelas XI MAN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Maya Mahmudah, NIM 1724143154, pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Pengetahuan Konseptual, Pengetahuan Prosedural, Kemampuan Akademik. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya pemahaman masalah konsep dan banyaknya aturan-aturan matematika yang dilanggar dalam menyelesaikan masalah tersebut. Jika siswa tidak memahami konsep sebelumnya maka kebanyakan siswa akan macet dalam melanjutkan langkah selanjutnya. Kurangnya pengetahuan konseptual dan prosedural siswa ini ditunjukkan oleh ketidakaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika materi program linear. Para siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru tanpa mempertimbangkan dan meneliti bentuk pengetahuan yang mereka peroleh. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengetahuan konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal materi program linear siswa berkemampuan matematika tinggi kelas XI MAN 2 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pengetahuan konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal materi program linear siswa berkemampuan matematika sedang kelas XI MAN 2 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan pengetahuan konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal materi program linear siswa berkemampuan matematika rendah kelas XI MAN 2 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MAN 2 Tulungagung. Peneliti mengambil subyek penelitian berdasarkan kemampuan akademik yang berbeda yaitu tinggi, rendah dan sedang. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 siswa berkemampuan akademik tinggi, 2 siswa berkemampuan akademik sedang dan 2 siswa berkemampuan akademik rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dapat dilihat dari ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Pengetahuan konseptual siswa dengan kemampuan akademik tinggi memenuhi semua indikator pengetahuan konseptual yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, mengenali contoh dan noncontoh, menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah, memanipulasi ide-ide terkait, dan menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip, juga memenuhi semua indikator pengetahuan prosedural yaitu pengetahuan mengenai prosedur secara umum, pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, pengetahuan dalam menampilkan prosedur secara fleksibel, tepat, dan efisien. (2) Pengetahuan konseptual siswa dengan kemampuan akademik sedang hanya memenuhi salah satu dari pengetahuan. Siswa memenuhi semua indikator pengetahuan konseptual yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, mengenali contoh dan noncontoh, menafsirkan tandatanda, simbol, dan istilah, memanipulasi ide-ide terkait, dan menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip, dan memenuhi beberapa indikator pengetahuan prosedural yaitu pengetahuan mengenai prosedur secara umum. Siswa yang memenuhi semua pengetahuan prosedural yaitu pengetahuan mengenai prosedur secara umum, pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, pengetahuan dalam menampilkan prosedur secara fleksibel, tepat, dan efisien, dan tidak memenuhi semua indikator pengetahuan konseptual yaitu yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, mengenali contoh dan noncontoh, menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah, memanipulasi ide-ide terkait, dan menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip. (3) Pengetahuan konseptual siswa dengan kemampuan akademik rendah hanya memenuhi beberapa indikator pengetahuan konseptual yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan dan menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah. Karena indikator pengetahuan konseptual tidak dipenuhi secara menyeluruh, mengakibatkan indikator pengetahuan prosedural juga tidak terpenuhi yaitu pengetahuan mengenai prosedur secara umum, pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, pengetahuan dalam menampilkan prosedur secara fleksibel, tepat, dan efisien.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143154 Maya Mahmudah
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:29
Last Modified: 06 Aug 2018 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8162

Actions (login required)

View Item View Item