KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MEMBENTUK KECERDASAN ESQ SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

TITIS CHOIROTUN NISAK, 2811133259 (2018) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MEMBENTUK KECERDASAN ESQ SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Titis Choirotun Nisak, NIM. 2811133259, 2017, Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membentuk Kecerdasan ESQ Siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. Kata kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Kecerdasan EQ, Kecerdasan SQ Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa di setiap sekolah dihadapkan pada suatu kondisi dimana sekolah harus mampu mengembangkan potensi peserta didik sesuai bakat dan kompetensinya dalam membentuk kecerdasan ESQ. Hal ini sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Permendikbud No.62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler. Namun dalam bentuknya, kegiatan ekstrakurikuler antar sekolah satu dengan sekolah lain akan berbeda. Untuk itu peneliti akan membahas tentang kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk kecerdasan ESQ siswa di SMK Islam 1 Durenan baik dari sisi kegiatan ekstrakurikulernya maupun faktor yang melatarbelakanginya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk kecerdasan ESQ siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek?; (2) Faktor-faktor apakah yang melatarbelakangi kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk kecerdasan ESQ siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk kecerdasan ESQ siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk kecerdasan ESQ siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis metode studi kasus, metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu: data yang bersumber dari manusia dan data yang bersumber dari non manusia. Teknik analisa data menggunakan model interaktif dari Miles and Huberman berupa data collection, reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing/verifikasi. Tekhnik pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi. Adapun hasil temuan penelitian sebagai berikut: 1) Kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk kecerdasan ESQ siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, meliputi: (a) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler: perumusan tujuan, penentuan jenis-jenis ekstrakurikuler yang ditawarkan, penentuan pembina/pelatih kegiatan ekstrakurikuler, penentuan kegiatan jadwal ekstrakurikuler dan perencanaan pengadaan sarana prasarana. (b) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, terbagi menjadi tiga, yaitu ekstrakurikuler wajib melalui kegiatan pramuka, ekstrakurikuler pilihan: Sholawat/ Hadrah, Kithobah/ Pidato, Musabaqah Tilawatil Qur’an/ Qira’at, Pagar Nusa dan Marching Band serta ekstrakurikuler/ pembiasaan keagamaan: sholat Dhuha dan tadarus Al-Qur’an. 2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk kecerdasan ESQ siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, meliputi: (a) faktor pendukung: koordinasi yang baik antar pelaku dalam organisasi, perhatian pihak sekolah, sumber daya manusia dan dukungan dari orang tua. (b) faktor penghambat: fluktuasi kehadiran siswa, adanya ekstrakurikuler lain yang diikuti oleh siswa, tidak ada sustainability guru, dan cuaca yang tidak mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133259 TITIS CHOIROTUN NISAK
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:52
Last Modified: 02 Jul 2018 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item