Penggunaan media visual (gambar) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar Tahun Ajaran 2011/2012

hidayati, nurul (2012) Penggunaan media visual (gambar) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (207kB)
[img] Text
BAB III KU.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB V KU.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (15kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Media visual (gambar), Pembelajaran IPA, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA dimadrasah, dimana siswa kurang menguasai dan memahami pembelajaran IPA sehingga prestasi belajar siswa relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah strategi dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar didalam kelas yaitu dengan menggunakan media visual gambar. Dimana penggunaan media visual gambar dalam proses belajar mengajar dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPA, sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Rumusan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah penggunaan media visual (gambar) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi cara pencegahan kerusakan lingkungan siswa kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar tahun ajaran 2011/2012. 2) Bagaimana cara penggunaan media visual (gambar) dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV materi cara pencegahan kerusakan lingkungan MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar tahun ajaran 2011/2012. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penggunaan media visual(gambar) dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi cara pencegahan kerusakan lingkungan siswa kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar tahun ajaran 2011/2012. 2) Mendeskripsikan hasil penggunaan media visual (gambar) dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi cara pencegahan kerusakan lingkungan siswa kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar tahun ajaran 2011/2012. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian sebagai upaya meningkatkan kualitas profesi sebagai guru. Bagi MI Manbaut Tholibin sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran, khususnya pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau tempat mengajar dengan menekankan pada peningkatan proses dan hasil pembelajaran. Metode pengumpulan data penelitian melalui metode observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Dimana observasi digunakan untuk memperoleh data berupa lokasi penelitian, kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan media visual (gambar) serta informasi-informasi yang dibutuhkan. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah mengalami proses belajar mengajar melalui penggunaan media visual (gambar) dan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen dalam pembelajaran IPA. Sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mengamati proses pembelajaran dan mencatat hal-hal penting seputar penelitian yang tidak terdapat dalam pedoman lainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual (gambar) dalam pembelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dengan prestasi belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 57,72 (sebelum tindakan) menjadi 71,81 (siklus I), dan 82,72 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual (gambar)dalam pembelajaran IPA bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Manbaut Tholibin pada semester genap tahun ajaran 2011/ 2012.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 07:00
Last Modified: 26 Jan 2015 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item