ANALISIS HIPOTESIS LINTASAN BELAJAR (HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY) DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN GANDUSARI TAHUN AJARAN 2017/ 2018

LAILI HIDAYATU SHOLIHAH, 1724143131 (2018) ANALISIS HIPOTESIS LINTASAN BELAJAR (HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY) DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN GANDUSARI TAHUN AJARAN 2017/ 2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Analisis Hipotesis Lintasan Belajar (Hypothetical Learning Trajectory)dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII MTsN Gandusari Tahun Ajaran 2017/ 2018” ini ditulis oleh Laili Hidayatu Sholihah, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Hipotesis Lintasan Belajar, pemahaman konsep, himpunan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang belum memahami konsep himpunan khususnya mengenai himpunan bagian dan himpunan kuasa. Himpunan bagian merupakan materi prasyarat dari himpunan kuasa. Jika siswa tidak memahami himpunan bagian maka akan sulit memahami himpunan kuasa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan hipotesis lintasan belajar untuk mengatasi pemahaman siswa serta kesulitan siswa dalam menyelesaikan materi himpunan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah Hipotesis Lintasan Belajar (Hypothetical Learning Trajectory) siswa kelas VII MTsN Gandusaritahun ajaran 2017/ 2018 pada materi himpunan? 2) Bagaimanakah pemahaman konsep siswa kelas VII MTsN Gandusari tahun ajaran 2017/ 2018 pada materi himpunan?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Hypothetical Learning Trajectorysiswa kelas VII MTsN Gandusari tahun ajaran 2017/ 2018pada materi himpunan. 2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas VII MTsN Gandusari tahun ajaran 2017/ 2018pada materi himpunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan 1) Tes, 2) Observasi, 3) Wawancara, 4) Dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Alur berpikir siswa sesuai dengan hipotesis lintasan belajar yang telah dibuat oleh peneliti. Siswa berkemampuan akademis tinggi memiliki alur belajar yang baik. Siswa dapat memahami dan mengerjakan soal dengan baik sesuai prosedur pengerjaan soal. Siswa berkemampuan akademis sedang dapat menyelesaikan soal dengan cukup baik, namun dalam mengerjakan siswa kurang teliti dan masih terdapat prosedur pengerjaan soal yang terlewati. Adapun siswa berkemampuan akademis rendah dalam mengerjakan soal terdapat banyak kesalahan dan tidak sesuai dengan prosedur pengerjaan soal. 2) Siswa berkemampuan akademis tinggi, rendah dan sedang hanya memenuhi beberapa indikator yang telah ditetapkan peneliti. Siswa berkemampuan akademis tinggi dapat memenuhi lima dari tujuh indikator pemahaman konsep. Siswa berkemampuan akademis sedang memiliki pemahaman konsep yang cukup. Siswa dapat memenuhi empat indikatorpemahaman konsep. Sedangkansiswa berkemampuan akademis rendah hanya memenuhi dua indikator pemahaman konsep. Siswa perlu diberi bantuan yang sesuai dengan jenis alur berpikir siswa dalam hipotesis lintasan belajar agar dapat mencapai ketujuh indikator pemahaman konsep menurut KTSP 2006. Setelah adanya bantuan dari peneliti (teacher support) yang ada pada hipotesis lintasan belajar, siswa dapat memenuhi ketujuh indikator dengan baik. Dengan adanya Hypothetical Learning Trajectory, peneliti dapat membantu siswa mencapai tujuh indikator pemahaman konsep menurut KTSP 2006 sehingga siswa dapat memahami materi himpunan dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143131 LAILI HIDAYATU SHOLIHAH
Date Deposited: 03 Jul 2018 02:17
Last Modified: 03 Jul 2018 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8190

Actions (login required)

View Item View Item