STRATEGI GURU DALAM MEMFASILITASI GAYA BELAJAR SISWA SDI AL HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG

DWI KARTIKASARI, 1725143066 (2018) STRATEGI GURU DALAM MEMFASILITASI GAYA BELAJAR SISWA SDI AL HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Memfasilitasi Gaya Belajar Siswa SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Kartikasari yang dibimbing oleh Mustofa, S.S., M. Pd Kata-kata kunci : Gaya belajar Strategi guru, Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru adalah sosok perantara transfer ilmu dan pengawas dalam kegiatan proses belajar-mengajar yang sangat mempengaruhi terhadap kesuksesan anak didiknya. Strategi pembelajaran harus dimiliki oleh seorang guru karena dengan adanya strategi yang benar akan membuat pembelajaran semakin diminati peserta didik. Tanpa adanya strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah diterapkan tidak dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Diharapkan dengan strategi yang tepat dapat membantu siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik untuk mengatasi hambatan-hambatan belajar dan meningkatkan prestasinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan tentang gaya belajar siswa yang ada di SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan tentang strategi yang diterapkan guru SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan srtategi yang diterapkan guru di SDI Al hakim Boyolangu Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah Miles dan Hubbermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan review informan. Dari hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa, (1) sebagian besar siswa SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung memiliki gaya belajar visual, selebihnya memiliki gaya belajar kinestetik dan gaya belajar auditori, (2 strategi yang diterapkan guru untuk gaya belajar visual dengan menggunakan metode pembelajaran yang menampilkan gambar-gambar terkait materi melalui LCD dan menggunakan media buku paket. Untuk pembelajar tipe auditori menggunakan metode ceramah dan untuk pembelajar kinestetik menggunakan metode kerja kelompok, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi guru dalam memfasilitasi gaya belajar siswa di SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung, faktor pendukung yakni: dari diri siswa dan guru yang antusias dan semangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yakni: kurangnya sumber dan media pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang terbatas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143066 DWI KARTIKASARI
Date Deposited: 04 Jul 2018 03:42
Last Modified: 04 Jul 2018 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8203

Actions (login required)

View Item View Item