MIMIN EKA FITANTRI, 1725143177 (2018) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN BENDO 2 KEPANJEN KIDUL KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (866kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mimin Eka Fitantri, 1725143177, Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SDN Bendo 2 Kepanjen Kidul Kota Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik yang salah satu faktornya adalah penggunaan dan pemilihan media pembelajaran yang kurang sesuai. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar?, (2) Apakah ada pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar?, (3) Apakah ada pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SDN Bendo 2 Kepanjen Kidul Kota Blitar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SDN Bendo 2 Kepanjen Kidul Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling, yaitu boring sampling atau sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Bendo 2 Kepanjen Kidul Kota Blitar, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V-A dan V-B SDN Bendo 2 Kepanjen Kidul Kota Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji manova angket motivasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0,003. Nilai Sig.< 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik SDN Bendo 2 Kepanjen Kidul Kota Blitar, (2) Hasil uji manova post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,045. Nilai Sig. < 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi Rantai dan jaring-jaring makanan, (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,003. 0,003 < 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SDN Bendo 2 Kepanjen Kidul Kota Blitar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini media audio visual memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143177 MIMIN EKA FITANTRI |
Date Deposited: | 04 Jul 2018 07:24 |
Last Modified: | 04 Jul 2018 07:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8207 |
Actions (login required)
View Item |