AMPRI HIDAYAH, 1721143049 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ampri Hidayah, NIM: 1721143049, pembimbing Dr. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci: Outdoor Learning, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi yang dilakukan dalam proses pembelajaran menggunakan metode yang terlalu monoton, sehingga peneliti menghubungkan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar afektif siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII, pemilihan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan sampel yang diperoleh kelas VII A dan VII C dengan jumlah siswa sebanyak 64 siswa. Untuk pengambilan data peneliti mengambil data nilai pretest dan post-test untuk hasil belajar kognitif, mengambil data post-test untuk hasil afektif dan mengambil data post-test untuk hasil belajar psikomotorik. Analisis instrumen menggunakan validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan menggunakan uji hipotesis (uji t). Adapun hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan dibuktikan nilai signifikan 5% yaitu t-hitung (9,1313) > t-tabel (1,66980) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar afektif siswa dengan dibuktikan nilai signifikan 5% yaitu t-hitung (6,6125) > t-tabel (1,66980) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa 5% yaitu t-hitung (6,4661) > t-tabel (1,66980) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143049 AMPRI HIDAYAH |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 06:56 |
Last Modified: | 10 Jul 2018 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8226 |
Actions (login required)
View Item |