LATIF FADILAH, 1725143151 (2018) UPAYA PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI MIN 9 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (688kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (374kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (127kB) |
Abstract
ABSTRAK Latif Fadilah, 1725143151, Upaya Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan di MIN 9 Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Jani MM, M.Pd Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembiasaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh arus globalisasi yang membawa dampak buruk diantaranyadalam dunia pendidikan seperti bertindak tidak jujuryakni mencontek pekerjaan teman, mencontoh buku pelajaran saat ujian, tawuran antar pelajar, adanya pergaulan bebas, kekerasan (bullying), peredaran foto dan vidio porno dikalangan pelajar. Semua perilaku negatif tersebut menunjukkan kerapuhan karakter yang dimiliki peserta didik, oleh karena itu implementasi pendidikan karakter sangat baik jika diterapkan sejak dini kepada anak didik salah satunya melalui pembiasaan, karena pendidikan karakter bukanlah tentang menghitung, menghafal materi, akan tetapi pendidikan karakter memerlukan pembiasaan. Fokus masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana konsep pendidikan karakter melalui pembiasaan di MIN 9 Blitar?, (2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di MIN 9 Blitar?, (3) Bagiamana dampak pendidikan karakter melalui pembiasaan di MIN 9 Blitar?.Adapuntujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan konsep pendidikan karakter melalui pembiasaan di MIN 9 Blitar, (2) Untuk mendiskripsikan penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di MIN 9 Blitar, (3) Untuk mendiskripsikan dampak pendidikan karakter melalui pembiasaan di MIN 9 Blitar. Penelitian ini merupakanpenelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis penelitianya menggunakan studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan memperpanjang pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitiannya adalah (1) Konsep Pendidikan Karakter di MIN 9 Blitar nilai-nilai yang diterapkan yakni nilai religius, disiplin, kejujuran dan peduli lingkungan. (2) Penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di MIN 9 Blitar dilakukan dengan tiga cara yaitu pembiasaan terprogram, pembiasaan rutin dan pembiasaan spontan (3) Dampak upaya pendidikan karakter melalui pembiasaan di MIN 9 Blitar pada nilai religius yakni peserta didik di MIN 9 Blitar bertindak seimbang sesuai dengan nilai-nilai moral, karakter dan agama. Pada nilai disiplin yakni peserta didik di MIN 9 Blitar dapat membentuk pribadi yang kuat, tangguh, kokoh serta bertanggung jawab terhadap kemajuan dirinya. Pada nilai kejujuran yakni peserta didik di MIN 9 Blitar memiliki moral tinggi mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. Pada nilai peduli lingkungan yakni peserta didik di MIN 9 Blitar mampu menjadi generasi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143151 LATIF FADILAH |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 03:56 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8231 |
Actions (login required)
View Item |