USAHA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

LINA ISMAROSYIDA, 1721143207 (2018) USAHA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (450kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Usaha Guru untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran PAI Siswa SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Lina Ismarosyida, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 1721143207 Tahun 2018 dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci: Usaha Guru, Kecerdasan Emosi. Penelitian dalam skripsi ini pentingnya pendidikan melaui proses pembelajaran, khususnya Pendidikan Agama Islam menjadi sangatlah penting sebagai dasar utama dalam pengembangan potensi diri, sehingga mampu diwujudkan pengembangan akhlak mulia, kemampuan mengendalikan diri, memiliki kepribadian utama dalam setiap aspek kecerdasan baik itu secara emosional maupun intelektual dan terampil baik untuk kepentingan sendiri maupun terampil secara sosial. Usaha guru dalam mengembangkan kecerdasan emosi siswa bukan saja dengan pembelajaran teori melainkan dengan keteladanan yang diberikan oleh guru berupa empati, penyelesaian masalah, dan merespon setiap perilaku positif yang diterapkan melalui beberapa kegiatan, diantaranya: infak pada hari jum’at, dll. Untuk itu perlu sekali bagi setiap pendidik untuk memperhatikan perkembangan emosi siswa dan bagaimana mengembangkan emosi siswa tersebut, agar emosi siswa tersebut cerdas, jika emosi siswa tidak dikembangkan maka akan terjadi masa yang akan datang orang-orang yang cerdas akan tetapi tidak mempunyai kecerdasan emosi, karena tidak dibekali dengan pengembangan emosi sejak mereka berada di sekolah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana usaha guru untuk mengembangkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran PAI pada sikap empati siswa SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. 2) Bagaimana usaha guru untuk mengembangkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran PAI membantu menemukan solusi dalam setiap masalah siswa SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. 3) Bagaimana usaha guru untuk mengembangkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran PAI dalam merespon setiap perilaku positif siswa SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari guru dan siswa-siswi . Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Bagaimana usaha guru untuk mengembangkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada sikap empati siswa SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung adalah: Guru pendidikan Agama islam mengadakannya infaq jum’at, sharing berbagi teman. usaha guru Pendidikan Agama Islam untuk menumbuhkan sikap kepedulian pada seseorang bersikap empati pada semua orang yang mendapatkan kesulitan dalam hal apapun. 2) Bagaimana usaha guru untuk mengembangkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam membantu menemukan solusi dalam setiap masalah siswa SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung adalah: berusaha dekat dengan siswa pada saat pembelajaran dengan memberikan bimbingan sampai siswa tersebut mengerti dan guru terus mendorong siswa, memotivasi siswa untuk menunmbuhkan rasa percaya diri. Guru pendidikan Agama Islam selalu berusaha dalam menemukan solusi masalah yang dilakukan siswa. 3) Bagaimana usaha guru untuk mengembangkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dalam merespon setiap perilaku positif siswa SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung adalah dengan memberikan Reward atau hadiah pada siswa ini bentuk usaha guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan semangat siswa dan motivasi dalam belajar. Inilah usaha guru pendidikan dalam merespon setiap perilaku positif siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143207 LINA ISMAROSYIDA
Date Deposited: 10 Jul 2018 03:22
Last Modified: 10 Jul 2018 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8255

Actions (login required)

View Item View Item