STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

LUCKY RAHMAHANI, 1721143210 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (915kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (618kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Lucky Rahmahani, NIM. 1721143210, Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung”, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I., Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan gangguan yang dialami oleh siswa dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Gangguan tersebut berupa kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an serta kurang pahamnya pengetahuan siswa tentang ilmu agama. Hal ini berdampak kepada kesiapan siswa dalam mempelajari mata pelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu guru pendidikan Agama Islam harus memiliki strategi dalam mengatasi kesulitan belajar PAI yang dialami siswa. Dalam hal ini penulis mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah aafektif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?, dan (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (2) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah afektif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place dan paper. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis mengungkapkan bahwa: (1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa adalah dengan memperbanyak tugas untuk siswa, penenaman budaya literasi, menerapkan metode role play atau belajar nyata serta menerapkan pendekatan kontekstual atau CTL. (2) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah afektif siswa adalah dengan pemeberian apersepsi sebelum dimulai pembelajaran, menggunakan variasi model pembelajaran, pemberian lembar penilaian diri untuk siswa, melalui tayangan video dan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas atau serambi Masjid Baitul Muttaqin SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (3) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa adalah dengan memeberi contoh berulang-ulang terkait materi, melibatkan tutor sebaya, menerapkan metode sosio-drama serta metode pemodelan yang melibatkan guru sebagai contoh langsung bagi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143210 LUCKY RAHMAHANI
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:36
Last Modified: 26 Jul 2018 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8266

Actions (login required)

View Item View Item