LAILA DWI SAFITRI, 1725143147 (2018) KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDI GIRI ARUM KUSUMA SEMARUM. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (923kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (812kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Laila Dwi Safitri, 1725143147, Korelasi Antara Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa SDI Giri Arum Kusuma Semarum. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci:Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga,Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tinggi rendahnya Prestasi belajar peserta didik karena adanya hubungan motivasi belajar dan lingkungan keluarga yang mempengaruhinya. Sehingga peneliti melakukan penelitian terhadap motivasi belajar dan lingkungan keluarga peserta didik untuk mengetahui hubungan keduanya terhadap prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1)Adakah korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa SDI Giri Arum Kusuma Smarum?, (2)Adakah korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar pada siswa SDI Giri Arum Kusuma Semarum?, (3)Adakah korelasi yang signifikan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar pada siswa SDI Giri Arum Kusuma Semarum ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1)Untuk menjelaskan korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa SDI Giri Arum Kusuma Semarum, (2)Untuk menjelaskan korelasi antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar pada siswa SDI Giri Arum Kusuma Semarum, (3)Untuk menjelaskan korelasi antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa SDI Giri Arum Kusuma Semarum . Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik sampling menggunakan teknik sampling NonProbabilitas yaitu Sampling purposive. Sampel yang diambil adalah siswa kelas III, IV dan V. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu uji normalitas dan linearitas serta uji asumsi klasik yaitu uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan hasil perhitungan untuk motivasi belajar yaitu thitung = 4,635 > ttabel = 1,683 dan nilai sig 0,000 < 0,05,(2)Terdapat korelasi yang signifikan antara Lingkungan keluarga dan prestasi belajar dengan hasil perhitungan untuk Lingkungan Keluarga yaitu thitung = 2,865 > ttabel = 1,683 dan nilai sig 0,007 < 0,05 (3)terdapat korelasi secara bersama-sama antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga berhubungan secara signifikan terhadap prestasi belajar dengan hasil perhitungan diperoleh bahwa Fhitung = 11.337 dengan tingkat sig.0,000. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa bahwa Fhitung (11.337) > Ftabel ( 3.24) dan signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143147 LAILA DWI SAFITRI |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 02:57 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8271 |
Actions (login required)
View Item |