PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN RANAH SIKAP (AFEKTIF) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 07 TULUNGAGUNG

SITA ARIFAH RICHANA, 1721143374 (2018) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN RANAH SIKAP (AFEKTIF) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 07 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sita Arifah Richana, NIM: 1721143374, “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Ranah Sikap (Afektif) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 07 Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2018, dosen pembimbing: Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag, NIP: 19680122000031001 Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, sikap. Ranah sikap (afektif) merupakan bagian dari tingkah laku manusia, sebagai gambaran kepribadian seseorang. Karena sikap merupakan sesuatu yang paling menonjol dan sangat dibutuhkan dalam pergaulan, maka memperoleh informasi mengenai sikap seseorang adalah penting sekali. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang evaluasi aspek sikap (afektif) pada pembelajaran Akidah Akhlak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran ranah sikap spiritual pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 07 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran ranah sikap sosial pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 07 Tulungagung? (3) Apa saja problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran ranah sikap spiritual dan sikap sosial pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 07 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis. Informan dalam penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak, waka kurikulum dan siswa di MTsN 07 Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi lapangan, wawancara mendalam, serta studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Data penelitian dianalisis dengan analisis interaktif, meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran ranah sikap (afektif) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 07 Tulungagung berlangsung kurang baik karena tidak sesuai dengan RPP. Evaluasi ranah sikap dilaksanakan didalam kelas dan diluar kelas, untuk waktu pelaksanaannya tidak terbatas. Teknik pelaksanaan evaluasi ranah sikap spiritual dilakukan dengan observasi, jurnal, penilaian diri. Secara umum sikap spiritual siswa dinilai ketika melakukan sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuha, dan membaca surat yasin bersama-sama di madrasah. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pelaksanan evaluasi sikap sosial adalah teknik observasi, jurnal dan penilaian teman sejawat. Sikap sosial siswa dinilai dari kejujuran, kesopanan, rasa tanggungjawab, kedisiplinan, kepedulian, dan memiliki rasa percaya diri. Cara menentukan nilai sikap spiritual dan sosial dengan melihat perilaku yang sering muncul kemudian diaplikasikan dalam raport dalam bentuk huruf A, B, C, D kemudian dinarasikan. Pemberi skor dalam penilaian sikap adalah guru mata pelajaran guru BK, dan wali kelas yang dibuat pada akhir semester dalam bentuk kesimpulan umum. Problemetika yang sering dihadapi guru Akidah Akhlak dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran ranah sikap (afektif) adalah terbatasnya waktu untuk melaksanakan evaluasi sikap sesuai dengan instrumen yang telah direncanakan dalam RPP, masalah ketidakjujuran pada penilaian diri dan penilaian teman sejawat, masalah yang terakhir adalah unsur subyektivitas sering terjadi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143374 SITA ARIFAH RICHANA
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:30
Last Modified: 23 Jul 2018 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8292

Actions (login required)

View Item View Item