AFIFA ULINNUHA ADILA, 1721143015 (2018) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (818kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (615kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (630kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (586kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas XI di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Afifa Ulinnuha Adila, NIM. 1721143015. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, program studi Peendidikan Agama Islam. Dibimbing Oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Gaya Mengajar Personalisasi, Gaya Mengajar Intrekasional Hasil Belajar Kognitif Latar belakang masalah : Dalam pendidikan tidak terlepas dari proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran masing-masing guru memiliki gaya mengajar sendiri-sendiri dalam penyampaian materi yang biasanya disebut dengan “Teaching Style”. Gaya mengajar memiliki pengertian yakni adalah suatu kegiatan guru dalam kontek proses interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan murid, sehingga dalam situasi belajar mengajar murid senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme serta penuh partisipasi. Gaya mengajar sendiri terbagai menjadi empat yaitu; gaya mengajar klasik, teknologis, personalisasi, dan interaksional. Dengan demikian gaya mengajar guru merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar siswa. Rumusan masalah : 1) Adakah pengaruh yang signifikan gaya mengajar personalisasi guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar? 2) Adakah pengaruh yang signifikan gaya mengajar insteraksional guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar? 3) Adakah pengaruh yang signifikan gaya mengajar guru (gaya mengajar personalisasi dan interaksional) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar? Tujuan Penelitian : 1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan gaya mengajar personalisasi guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan gaya mengajar interaksional guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan gaya mengajar guru (gaya mengajar personalisasi dan interaksional) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan jenis eks-postfakto (ex-postfacto) tipe correlational research. Variabel peneitian: variabel bebas (gaya mengajar personalisasi dan interaksional guru) dan variabel terikat (hasil belajar kogitif siswa). Sumber data: data primer (siswa kelas XI jurusan MIA dan IIS) data sekunder (nilai ulangan harian fiqh bab I semester 2, jadwal pelajaran fiqh kelas XI, daftar seluruh siswa kelas XI dan arsip resmi). Sampel: 72 siswa. Sampling: probibilitas dengan teknik stratifikasi. Teknik pengumpulan data: Obervasi, dokumentasi, angket. Analisis data: Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Regresi Sederhana, dan Uji Regresi ganda. Hasil Penelitian: 1) Ada pengaruh yang signifikan gaya mengajar personalisasi guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. Berdasarkan uji t menghasilkan thitung > ttabel ( 3.993 > 1,9949). Nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan gaya mengajar interaksional guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. Berdasarkan uji t menghasilkan thitung > ttabel (3,975 > 1,994). Nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan gaya mengajar guru (gaya mengajar personalisasi dan interaksional) guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. Berdasarkan uji regresi ganda pada tabel uji f menghasilkan Fhitung (10,320) > Ftabel (3,13) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143015 AFIFA ULINNUHA ADILA |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 07:17 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 07:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8302 |
Actions (login required)
View Item |