PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR

AFIFA ULINNUHA ADILA, 1721143015 (2018) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas XI di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Afifa Ulinnuha Adila, NIM. 1721143015. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, program studi Peendidikan Agama Islam. Dibimbing Oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Gaya Mengajar Personalisasi, Gaya Mengajar Intrekasional Hasil Belajar Kognitif Latar belakang masalah : Dalam pendidikan tidak terlepas dari proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran masing-masing guru memiliki gaya mengajar sendiri-sendiri dalam penyampaian materi yang biasanya disebut dengan “Teaching Style”. Gaya mengajar memiliki pengertian yakni adalah suatu kegiatan guru dalam kontek proses interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan murid, sehingga dalam situasi belajar mengajar murid senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme serta penuh partisipasi. Gaya mengajar sendiri terbagai menjadi empat yaitu; gaya mengajar klasik, teknologis, personalisasi, dan interaksional. Dengan demikian gaya mengajar guru merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar siswa. Rumusan masalah : 1) Adakah pengaruh yang signifikan gaya mengajar personalisasi guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar? 2) Adakah pengaruh yang signifikan gaya mengajar insteraksional guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar? 3) Adakah pengaruh yang signifikan gaya mengajar guru (gaya mengajar personalisasi dan interaksional) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar? Tujuan Penelitian : 1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan gaya mengajar personalisasi guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan gaya mengajar interaksional guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan gaya mengajar guru (gaya mengajar personalisasi dan interaksional) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan jenis eks-postfakto (ex-postfacto) tipe correlational research. Variabel peneitian: variabel bebas (gaya mengajar personalisasi dan interaksional guru) dan variabel terikat (hasil belajar kogitif siswa). Sumber data: data primer (siswa kelas XI jurusan MIA dan IIS) data sekunder (nilai ulangan harian fiqh bab I semester 2, jadwal pelajaran fiqh kelas XI, daftar seluruh siswa kelas XI dan arsip resmi). Sampel: 72 siswa. Sampling: probibilitas dengan teknik stratifikasi. Teknik pengumpulan data: Obervasi, dokumentasi, angket. Analisis data: Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Regresi Sederhana, dan Uji Regresi ganda. Hasil Penelitian: 1) Ada pengaruh yang signifikan gaya mengajar personalisasi guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. Berdasarkan uji t menghasilkan thitung > ttabel ( 3.993 > 1,9949). Nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan gaya mengajar interaksional guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. Berdasarkan uji t menghasilkan thitung > ttabel (3,975 > 1,994). Nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan gaya mengajar guru (gaya mengajar personalisasi dan interaksional) guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar. Berdasarkan uji regresi ganda pada tabel uji f menghasilkan Fhitung (10,320) > Ftabel (3,13) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143015 AFIFA ULINNUHA ADILA
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:17
Last Modified: 23 Jul 2018 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8302

Actions (login required)

View Item View Item