PENGEMBANGAN EMOTIONAL QUETION (E.Q) SISWA MELALUI PROGRAM WAJIB DINIYAH di MAN KOTA BLITAR TAHUN 2017/2018

ULIL ANDING PURBORINI, 1721143402 (2018) PENGEMBANGAN EMOTIONAL QUETION (E.Q) SISWA MELALUI PROGRAM WAJIB DINIYAH di MAN KOTA BLITAR TAHUN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ulil Anding Purborini, 1721143402, Tahun 2018, “Pengembangan Emotional Quetion (EQ) Siswa Melalui Program Wajib Diniyah di MAN Kota Blitar Tahun 2017/2018”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Aspek-aspek Pengembangan Emotional Question(EQ) Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pendidikan diakademis pada masa kini masih dipercaya sebagai salah satu cara yang jitu dalam membangun kecerdasan sekaligus kepribadian anak menjadi lebih baik. Padahal di ranah keagamaan yaitu program wajib Diniyah juga dapat membentuk kepribadian peserta didik bisa terbentuk melalui kecerdasan emosionalnya. Dalam hal ini peneiliti ingin mengetahui pengembangan aspek Emotional Quetion (kecerdasan emosional) melalui program wajib Diniyah di Ma’had MAN Kota Blitar. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana pengembangan E.Q siswa dengan aspek membuka hati melalui program wajib Diniyah di MAN Kota Blitar? (2)Bagaimana pengembangan E.Q siswa dengan aspek menjelajahi dataran emosi melalui program wajib Diniyah di MAN Kota Blitar? (3)Bagaimana pengembangan E.Q siswa dengan aspek mengambil tanggung jawab melalui program wajib Diniyah di MAN Kota Blitar? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MAN Kota Blitar untuk sebagai penanggung jawab dan sumbangan pemikiran dalam terlaksananya program wajib Diniyah dan jadwal kegiatan Ma’had. Bagi ustadz/ustadzah sebagai pembimbing dan fasilitator bagi para santri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan seluruh data dan penjelasan mengenai aspek pengembangan EQ santri melalui program wajib Diniyah, kemudian mendeskripsikan data dan menganalisinya. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data: Reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian: 1) pengembangan EQ dengan aspek membuka hati: memberikan penguatan khusus untuk santri dalam kajian keagamaan, terampil dalam membaca kitab dan melatih santri untuk bermasyarakat selama full 24 jam. 2) pengembangan EQ dengan aspek menjelajahi dataran emosi: pertama, belum adanya kepribadian atau introspeksi diri untuk motivasi belajar dan untuk ladang berbagi ilmu. Kedua, membentuk karakter E.Q siswa atau santri selama 3 tahun selama berada di Ma’had. 3) pengembangan EQ dengan aspek membuka mengambil tanggung jawab: telah terbentuk adanya organisasi yang tugasnya yaitu mengambil tanggung jawab terhadap adik – adik kelasnya, menjadi contoh untuk adik – adik kelas, menjadi dasar pola untuk mendidik karakter (unsur keteladanan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143402 ULIL ANDING PURBORINI
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:15
Last Modified: 23 Jul 2018 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item