IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

NAIMATUS SYADIYAH, 1725143196 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul implementasi pendidikan karakter di MIN Sumberjati Kademanagn Blitar ditulis oleh Naimatus Syadiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Nurcholis, M. Pd. I Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kenyataan pendidikan karakter di Indonesia yang masih belum berhasil terlaksana dengan maksimal. Hal tersebut ditandai dengan masih banyaknya permasalahan moral yang ditemui dilingkungan sekolah. Contoh kecilnya seperti perilaku tidak jujur, suka menyontek, kurang disiplin, dan sebagainya. Degradasi moral anak-anak dan remaja yang terpengaruh lingkungan serta media sosial juga marak. Gambaran fenomena tersebut menuntut penguatan implementasi pendidikan karakter menggunakan strategi. Oleh karena urgensi strategi dalam implementasi pendidikan karakter, maka perlu difahami konsepnya terutama di tingkat sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana proses implementasi pendidikan karakter, 2) Menganalisis dampak implementasi pendidikan karakter, 3) Menginterpretasikan faktor pendukung, faktor penghambat dan solusinya. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan uji kredibilitas, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitiannya adalah 1) Proses implementasi pendidikan karakter di MIN Sumberjati Kademangan Blitar dilaksanakan secara integrasi meliputi Terintegrasi dalam budaya sekolah, terintegrasi dalam kegiatan ekstrakulikuler, terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, dan terintegrasi dalam kegiatan dirumah. 2) Dampak dari implementasi pendidikan karakter di MIN Sumberjati Kademangan Blitar meliputi: a) Moral knowing yang berupa Siswa berani mengambil keputusan terutama untuk diri sendiri, Siswa mampu mengambil pelajaran dari peristiwa yang dialami, Fokus mengikuti pembelajaran. b) Moral loving yang berupa Bersedia menanggung konsekuensi dari keputusan yang diambil, Peka terhadap lingkungan sekitarnya, Berhati-hati dalam melaksanakan dan mengerjakan sesuatu, Ramah dan sopan santun terhadap orang lain, Senantiasa jujur dalam segala hal dan c) Moral doing yang berupa Mandiri dalam menyelesaikan tugas, Disiplin dalam kegiatan sehari-hari dengan menaati peraturan yang ada, Rela menyisihkan sebagaian uang jajan untuk jumat amal, Mencintai keindahan dengan berpakaian rapi dan menjaga kebersihan. 3) Faktor pendukung: Sarana prasarana, Komitmen pendidik, Tenaga dari luar, Partisipasi wali murid dan kondisi lingkungan. Faktor penghambat: Perbedaan latar belakang keluarga, Kurang optimalnya sarana dan prasarana, Pengkondisian lingkungan, Faktor internal peserta didik. Solusi: Diadakan pertemuan wali murid, Sanksi, Mengganti kegiatan outdoor dengan kegiatan indoor, dan Kontrol guru terhadap peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143196 NAIMATUS SYADIYAH
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:17
Last Modified: 10 Aug 2018 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8322

Actions (login required)

View Item View Item