IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB PADA REMEDIAL TEACHING MATA PELAJARAN AL – QUR’AN HADITS DI MTsN 2 KOTA BLITAR

ZULY RAHMAWATI, 1721143433 (2018) IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB PADA REMEDIAL TEACHING MATA PELAJARAN AL – QUR’AN HADITS DI MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi metode tanya jawab pada remedial teaching Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Zuly Rahmawati, NIM 1721143433, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Indah Khomsiyah M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Remedial Teaching, metode tanya jawab. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang belum mampu menguasai materi dan belum mencapai target kriteria ketuntasan minimum (KKM). Pembelajaran remedial ini perlu dilakukan untuk mengevaluasi dan memahami dengan benar kesulitan peserta didik serta memastikan bahwa peserta didik dapat memperbaiki ketidak tuntasan belajar mereka. Dengan menggunakan metode tanya jawab pada pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa akan mampu memahami secara detail suatu pelajaran karena dengan metode tersebut seorang pengajar dapat menggali seberapa jauh materi Al-Qur’an Hadits yang dapat dipahami oleh siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagimana perencanaan remedial teaching melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Kota Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan remedial teaching melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Kota Blitar? (3) Bagaimana evaluasi sebelum dan sesudah diadakan remedial teaching melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Kota Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan remedial teaching melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Kota Blitar (2) Untuk mengetahui pelaksanaan remedial teaching melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Kota Blitar (3) Untuk mengetahui evaluasi sebelum dan sesudah diadakan remedial teaching melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan keajekan pengamatan, dan triangulasi (triangulasi sumber). Hasil penelitiannya adalah (1) dalam suatu pembelajaran remedial harus merencanakan penggunaan suatu metode yang tepat agar tercapai suatu tujuan pembelajaran remedial. Salah satunya yaitu menggunakan metode tanya jawab. Setelah merencanakan metode guru harus menyusun alokasi waktu yang digunakan. Pada prinsipnya pembelajaran bisa dilakukan segera setelah guru mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam proses pembelajaran dan menetapkan waktu khusus pada saat remedial. (2) pelaksanaan remedial teaching melalui metode tanya jawab ini bahwa pendidik melihat nilai siswa yang belum memenuhi KKM dengan cara menelaah masalah, kemudian menyusun rencana pembelajaran remedial, membuat soal tes remedial, dan kemudian guru memintanya untuk maju dan diberi pertanyaan yang sesuai dengan KD yang belum di kuasai. (3) dalam pelaksanaan evaluasi yaitu diakhir pembelajaran remedial guru memberi pertanyaan terkait materi yang diberikan pada pembelajaran remedial kepada seluruh siswa. Karena metode tanya jawab adalah metode yang efektif dan efisien maka dalam pelaksanaannya guru harus menciptakan suasana senang, agar siswa tidak grogi dalam menjawab soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143433 ZULY RAHMAWATI
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:20
Last Modified: 30 Jul 2018 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item View Item