STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SD ISLAM AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG

FAIZA NURMEINA, 1725143093 (2018) STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SD ISLAM AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Faiza Nurmeina, 1725143093, 2018 “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Dr. Adi Wijayanto, M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru, Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Kecerdasan Emosional atau yang biasa dikenal dengan EQ (Emotional Quotient) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan oranglain di sekitarnya. Usia SD merupakan tingkatan paling dasar dalam membentuk kecerdasan emosional. Karena jika hanya mengandalkan IQ saja tentu lulusan SD hanya pintar dalam pengetahuan mata pelajaran saja. Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di sekolah sangat diperlukan karena dapat membantu siswa mengimbangi kecerdasan intelektual. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa yang menyangkut kemampuan mengolah emosi diri siswa di SD Islam Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa dalam membina hubungan dengan orang lain di SD Islam Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat terkait strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SD Islam Al-Hakim Boyolangu Tulungagung?Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunkan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan mengolah emosi diri siswa SDI Al-Hakim Boyolangu adalah memotivasi siswa untuk bersikap optimis, memiliki semangat dan harapan untuk memperbaiki diri. (2) Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut membina hubungan dengan orang lain di SDI Al-Hakim Boyolangu dengan membimbing siswa untuk saling berempati dan bersikap positif. (3) Faktor pendukung strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa adalah dengan adanya skill guru yang memadai dan kelengkapan sarana prasarana di sekolah, sedangkan faktor penghambat akan diminimalisir dengan adanya kerjasama antar pihak sekolah dan walimurid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143093 FAIZA NURMEINA
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:44
Last Modified: 21 Aug 2018 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8367

Actions (login required)

View Item View Item