IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KEPADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

BETIK SILVIANA, 1721143086 (2018) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KEPADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi nilai pendidikan multikultural kepada peserta didik melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Betik Silviana, NIM. 1721143086, pembimbing Hj.Indah Khomsiyah, M. Pd. Kata kunci : Implementasi nilai pendidikan multikultural, Pembelajaran PAI. Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi nilai pendidikan multikultural kepada peserta didik untuk menumbuhkan sikap pluralis dalam diri peserta didik. Pada era saat ini, anak-anak sudah mengedepankan egois dalam diri. Jika tidak ditanamkan nilai-nilai untuk menghargai keragaman atau perbedaan yang ada dapat mengakibatkan permusuhan antar ras, budaya, agama. Maka untuk itu, guru PAI SMKN 1 Boyolangu mengimplementasikan nilai pendidikan multikultural kepada peserta didik dengan cara-cara tertentu dalam pembelajaran PAI sebagai bekal masa depan peserta didik hidup bermasyarakat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1.Bagaimana implementasi nilai pendidikan multikultural tentang nilai keadilan kepada peserta didik melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? 2.Bagaimana implementasi nilai pendidikan multikultural tentang nilai kemanusiaan kepada peserta didik melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? 3.Bagaimana implementasi nilai pendidikan multikultural tentang nilai toleransi kepada peserta didik melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk mendeskripsikan implementasi nilai pendidikan multikultural tentang nilai keadilan kepada peserta didik melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. 2.Untuk mendeskripsikan implementasi nilai pendidikan multikultural tentang nilai kemanusiaan kepada peserta didik melalui pembelajaran PAI di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. 3.Untuk mendeskripsikan implementasi nilai pendidikan multikultural tentang nilai toleransi kepada peserta didik melalui pembelajaran PAI di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah SMKN 1 Boyolangu Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran, bagi para guru SMKN 1 Boyolangu Tulungagung sebagai dasar untuk melakukan pembinaan nilai moral peserta didik. Bagi peserta didik SMKN 1 Boyolangu Tulungagung sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki nilai moral dan sikap. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan/referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode induktif yang digunakan untuk mengelola data kualitatif, dengan prosedur analisis data ke dalam 3 langkah meliputi tahap reduksi data, sajian data (display data), menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, guru melakukan perencanaan, kegiatan pembelajarannya diterapkan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung diajarkan melalui materi yang mengandung nilai keadilan, menggunakan metode presentasi dan inquiry learning. Sedangkan secara tidak langsung dilakukan dengan sikap Guru PAI yang mencerminkan sikap adil melalui metode keteladanan, adanya evaluasi dan tugas terstruktur. Kedua, guru melakukan perencanaan, kegiatan pembelajarannya diterapkan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung diajarkan melalui materi yang mengandung nilai kemanusiaan, menggunakan metode diskusi, presentasi dan metode inquiry learning. Sedangkan secara tidak langsung dilakukan dengan sikap Guru PAI dengan metode keteladanan yang mencerminkan nilai kemanusiaan dalam pembelajaran PAI, evaluasi dan tugas terstruktur. Ketiga, guru melakukan perencanaan, kegiatan pembelajarannya diterapkan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung diajarkan melalui materi yang mengandung nilai toleransi, menggunakan metode diskusi, presentasi dan metode inquiry learning dengan media LCD Proyektor. Sedangkan secara tidak langsung dilakukan dengan sikap Guru PAI dengan metode keteladanan yang mencerminkan nilai toleransi, adanya evaluasi dan tugas terstruktur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143086 BETIK SILVIANA
Date Deposited: 18 Jul 2018 03:16
Last Modified: 18 Jul 2018 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8378

Actions (login required)

View Item View Item