PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBIASAAN IBADAH (Studi Multisitus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bandung dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pakel dan Tahun 2017/2018)

HENDRA ILHAM SURURI, 17506164033 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBIASAAN IBADAH (Studi Multisitus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bandung dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pakel dan Tahun 2017/2018). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hendra ilham sururi, nim. 17506164033. “peran guru pai dalam pembiasaan ibadah (studi multisitus di sekolah menegah atas satu pakel tulungagung dan sekolah menengah kejuruan 1 bandung tulungagung tahun ajaran 2017/ 2018). Program pascasarjana, prodi pendidikan agama islam, iain tulungagung, Pembimbing: Dr. As’aril muhajir, M.Ag dan Dr. Kojin, M.Ag. Kata kunci : guru pai, ibadah Latar belakang: Penelitian ini berangkat dari sebuah keprihatinan dan sekaligus harapan. Mengapa di era globalisasi ini masalah dekadensi moral semakin meningkat, sehingga para orang tua semakin khawatir terhadap negatif dari globalisasi, yaitu semakin mudahnya nilai-nilai moral yang negatif mempengaruhi anak-anak didik baik melalui media cetak maupun elektronik, dan juga media online, bahkan kita saksikan langsung dalam kehidupan nyata sekitar kehidupan kita seperti tawuran antar geng, tawuran antar sekolah, mengonsumsi miras atau narkoba, pemerkosaan, seks bebas, pencabulan, pencurian, dll. Dari beberapa contoh-contoh itu membuat kita sebagai insan pendidikan perihatin dengan masalah ini Fokus penelitian : (1) Bagaimana guru pendidikan agama islam sebagai pendidik dalam pembiasaan ibadah di smkn 1 bandung dan sman 1 pakel? (2) Bagaimana guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam pembiasaan ibadah di smkn 1 bandung dan sman 1 pakel? (3) Bagaimana guru pendidikan agama islam sebagai model/teladan dalam pembiasaan ibadah di smkn 1 bandung dan sman 1 pakel? Tujuan penelitian : (1) Untuk mendeskripsikan guru pendidikan agama islam sebagai pendidik dalam pembiasaan ibadah di smkn 1 bandung dan sman 1 pakel (2). Untuk mendeskripsikan guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam pembiasaan ibadah di smkn 1 bandung dan sman 1 pakel (3) Untuk mendeskripsikan guru pendidikan agama islam sebagai model/ teladan dalam pembiasaan ibadah di smkn 1 bandung dan sman 1 pakel Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus di smkn 1 bandung tulungagung dan sman 1 pakel tulungagung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Analisis data tunggal dimaksudkan untuk menjabarkan temuan – temuan dari kedua sekolah. Sedangkan, analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuan antar situs. Serta dalam pengecekan keabsahan datanya menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependebilitas, dan konfirmabilitas Hasil penelitian: pertama, peran guru sebagai pendidik dalam pembiasaan ibadah di smkn 1 bandung dan sman 1 pakel tulungagung adalah Guru mendidik melalui pembiasaan, memberikan penguatan dan pemahaman tentang pendidikan agama Islam, memberikan pengertian tentang pentingnya sholat berjamaah dan juga memberi tahu mengenai janji Allah SWT terkait dengan sholat berjamaah, memberikan kegiatan-kegiatan yang bersifat agamis, dan mengajarkan untuk selalu disiplin. Salah satu bentuk pelaksanaannya bahwa guru mendidik siswa agar selalu istiqomah dan konsisten dalam melaksanakan sholat berjamaah, serta mengajarkan dam membimbing sholat denga cara yang baik dan benar. Kedua, peran guru pai di smkn 1 bandung sebagai pembimbing ibadah disana adalah Guru membimbimg melalui pemberian pemahaman dan menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa tentang nilai-nilai ibadah, pemberian dukungan dan semangat kepada siswa. Salah satu bentuk pelaksanaannya yaitu melalui ceramah atau tausiyah yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam, pada waktu setelah sholat dhuhur berjamaah. Pada saat itu biasanya guru memberikan motivasi terhadap siswa dengan memberitahukan mengenai imbalan yang siswa akan peroleh jika mau mengerjakan sholat berjamaah secara ikhlas dan tanpa paksaan sama sekali dari guru. Ketiga, peran guru pai di smkn 1 bandung sebagai teladan ibadah adalah Guru sebagai teladan senantiasa berperilaku baik dan juga menjadikan diri seorang guru sebagai suri tauladan bagi siswasiswinya, agar secara tidak langsung siswa bisa mencontohnya. Salah satu bentuk pelaksanaannya bahwa setiap kali dilaksanakan sholat berjamaah baik itu sholat dhuha maupun sholat dhuhur guru PAI selalu menjadi imam dan mengupayakan untuk selalu tepat waktu dalam pelaksanaannya. Selain itu juga, dalam menanamkan nilai-nilai ibadah guru PAI memberikan contoh sekaligus arahan kepada siswa terkait dengan tata cara berwudhu yang benar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164033 HENDRA ILHAM SURURI
Date Deposited: 19 Jul 2018 01:14
Last Modified: 19 Jul 2018 01:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8382

Actions (login required)

View Item View Item