MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TONGKAT BERBICARA (TALKING STICK) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DI MIN 4 TULUNGAGUNG

DESITA PUTRI ANTIKA, 1725143053 (2018) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TONGKAT BERBICARA (TALKING STICK) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desita Putri Antika, 1725143053, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tongkat Berbicara (Talking Stick) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits di MIN 4 Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Muhammad Ridhlo Al-Qodri Sri Utomo, M.A Kata Kunci:, Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya motivasi belajar pada pembelajaran Al-Qur,an Hadits. Karena Al-Qur’an Hadits dianggap pembelajaran yang kurang menarik dan monoton. Al-Qur’an Hadits merupakan suatu mata pelajaran yang berisikan tentang surat-surat pendek, tajwid, dan hikmah atau isi dan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits banyak menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Sehingga guru harus harus pandai-pandai menggunakan model pembelajaran untuk memotivasi siswa. Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist guru mencoba menggunakan model kooperatif tipe talking stick dalam menyampaikan materi pembelajaran Al-Qur’an Hadist. Fokus masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe talking stick di MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana korelasi penerapan model kooperatif tipe talking stick terhadap motivasi belajar di MIN 4 Tulungagung? (3)Apa faktor pendukung dan penghambat peningkatan motivasi belajar siswa melalui model kooperatif tipe talking stick di MIN 4 Tulungagung? Adapun Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe talking stick di MIN 4 Tulungagung (2) Untuk mengetahui korelasi penerapan model kooperatif tipe talking stick terhadap motivasi belajar di MIN 4 Tulungagung. (3) Untuk mnegetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan motivasi belajar siswa melalui model kooperatif tipe talking stick di MIN 4 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif diskriptif. Dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis deskriptif interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi, ketekunan pengamatan, pemeriksaan sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Penerapan model kooperatif tipe talking stick di MIN 4 Tulungagung, model kooperatif talking stick akan selalu diterapkan untuk memotivasi belajar karena dalam model ini siswa aktif dan tidak terbebani dalam proses pembelajaran namun tidak semua materi cocok menggunakan model ini, jadi menyesuaikan materi dan kondisi siswa. (2) Korelasi penerapan model kooperatif tipe talking stick terhadap motivasi belajar di MIN 4 Tulungagung, korelasinya dikatakan sangat erat karena model kooperatif tipe talking stick membuat siswa aktif dalam pembelajaran sehingga akan muncul motivasi untuk belajar. (3) Faktor pendukung dan penghambat peningkatan motivasi belajar siswa melalui model kooperatif tipe talking stick di MIN 4 Tulungagung. Adapun faktor pendukung model kooperatif tipe talking stick siswa dapat mengemukakan pendapatnya dan memacu siswa untuk giat belajar, sedangkan penghambat model kooperatif tipe talking stick siswa pintar menjadi dominan, dan membuat siswa senam jantung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Mochamad Misbakhudin
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:36
Last Modified: 09 Aug 2018 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item View Item