MARIA ULFA, 1724143152 (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN DI MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (568kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (492kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (580kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (983kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (201kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Lingkaran Di Mts Negeri Pulosari Tulungagung” ini ditulis oleh Maria Ulfa, NIM 1724143152, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Make A Match, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya hasil belajar matematika siswa karena rendahnya hasil belajar matematika siswa, rendahnya motivasi belajar matematika siswa, dan kurangnya partisipasi dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan Make A Match untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan model pembelajaran Jigsaw dan Make A Match terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di MTs Negeri Pulosari Tulungagung? (2) Apakah ada perbedaan model pembelajaran Jigsaw dan Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di MTs Negeri Pulosari Tulungagung? (3) Apakah ada perbedaan model pembelajaran Jigsaw dan Make A Match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di MTs Negeri Pulosari Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimental research) digunakan untuk menyelidiki kemungkinan ada hubungan sebab-akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Pulosari Tulungagung yang berjumlah 280 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Alasan menggunakan teknik Purposive Sampling karena peneliti memerlukan 2 kelas yang memiliki kemampuan yang sama serta dapat mewakili karakteristik populasi, sehingga diperoleh siswa dari kelas VIII-E dan VIII-G yang berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggukan model pembelajaran Jigsaw dan Make A Match. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw sebesar 74,0278 sedangkan rata-rata pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match sebesar 70,0278. Hasil uji statistik diperoleh T hitung sebesar 2,491 dan SPSS sebesar 0,015. 2) Ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggukan model pembelajaran Jigsaw dan Make A Match. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw sebesar 76,9167 sedangkan rata-rata pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match sebesar 70,75. Hasil uji statistik diperoleh T hitung sebesar 2,186 dan SPSS sebesar 0,032. 3) Ada perbedaan model pembelajaran Jigsaw dan Make A Match terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root dengan signifikansi sebesar 0,013 yang lebih kecil dari 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143152 MARIA ULFA |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 03:40 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 03:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8408 |
Actions (login required)
View Item |