PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

AHMAD JARIR ATTHABARI, 2817133006 (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Siswa Kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung”. Ditulis oleh Ahmad Jarir Atthabari NIM:2817133006, dibimbing oleh Drs.H. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di sekolah, yang hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan Al-Qur’an Hadits pokok bahasan memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan Al-Qur’an Hadits pokok bahasan memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningakatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadis materi memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peningakatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama siswa pada siklus I 55,00% yang tergolong pada kategori kurang, kemudian pada siklus II 90,00 % yang tergolong pada kategori sangat baik. Dan peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 77,78% yang tergolong pada kategori baik kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,67% yang tergolong pada kategori sangat baik. Serta peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 79,80 (73,91%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 84,58 (95,65%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 4,78. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133006 AHMAD JARIR ATTHABARI
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:10
Last Modified: 26 Jul 2018 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8439

Actions (login required)

View Item View Item