NIA MUNARIKA, 2823133111 (2018) STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA PENABUNG DENGAN AKAD WADI’AH DI KANTOR PUSAT BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (598kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (561kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (412kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Penabung Dengan Akad Wadiah Di Kantor Pusat Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Nia Munarika, NIM. 2823133111, pembimbing Muhammad Aqim Adlan, M. E. I. Penelitian ini dilatar belakangi dengan ketatnya persaingan dan semakin pesatnya pertumbuhan lembaga keuangan di Indonesia sebagaimana BMT, LKS dan lainnya yang bersifat mikro. Untuk dapat mempertahankan eksistensi lembaga, perlu adanya usaha guna mempertahankan anggota dan salah satunya dengan menjamin kepuasan. Setiap lembaga keuangan pasti memiliki strategi yang berbeda dalam meningkatkan kepuasan anggotanya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Strategi apa yang digunakan BMT Pahlawan dalam menjamin kepuasan anggota penabung dengan akad wadi’ah? (2) Kendala- kendala dan hambatan apa saja yang dihadapi oleh BMT Pahlawan dalam meningkatkan kepuasan anggota penabung dengan akad wadi’ah?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan dan kendala serta hambatan yang dihadapi BMT Pahlawan dalam meningkatkan kepuasan anggotanya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan untuk pengecekan keabsahan temuan peneliti menggunakan tehnik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan anggota penabung dengan akad wadiah perlu ada strategi guna menjaga kepuasan anggota. 1) strategi yang digunakan BMT Pahlawan untuk menjaga kepuasan anggota penabung: sistem keluh saran, analisis lost customer dan program promosi loyalitas. Adapun strategi BMT Pahlawan dalam meningkatkan kepuasan anggota penabungnya yaitu dengan menerapkan a) strategi pelayanan berkualitas b) strategi relationship marketing yang berasaskan kekeluargaan c) strategi peningkatan kinerja perusahaan difokuskan pada sumber daya manusia. 2) Kendala yang dialami BMT Pahlawan dalam menjalankan strategi yaitu sarana prasarana yang masih kurang, kurangnya pemahaman anggota mengenai produk dan alur dan kurangnya SDM serta kurangnya kualitas SDM. Dengan adanya strategi yang tepat, lembaga diharapkan mampu untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dari setiap anggota serta mengatasi kendala dan hambatan agar dapat memberikan kepuasan kepada anggota. Anggota yang puas akan menjadi anggota loyal dan keuntungan yang didapatkan lembaga akan meningkat. Kata kunci: strategi yang digunakan, meningkatkan, kepuasan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 2823133111 NIA MUNARIKA |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 08:04 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 08:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8443 |
Actions (login required)
View Item |