KAMPANYE BERBASIS AL-QUR’AN DAN SUNNAH PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

TOHAROH, 1712143089 (2018) KAMPANYE BERBASIS AL-QUR’AN DAN SUNNAH PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (215kB)

Abstract

ABSTRAK Toharoh (171 214 3089) Kampanye berbasis Al-Qur’an dan Sunnah perspektif fiqh siyasah, Jurusan Hukum Keluarga Islam, IAIN Tulungagung, 2018, Pembibing Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata kunci: Kampanye berbasis Al-Qur’an dan Sunnah, perspektif fiqh siyasah. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kampanye berbasis Al-Qur’an dan sunnah. Di Indonesia telah menjadi hal yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Semakin banyak pula orang yang menyadari bahwa kampanye berbasis Al-Qur’an dan sunnah untuk berpolitik memang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Maka dari itu harus didasari dengan perspektif fiqh siyasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kampanye berbasis Al-Qur’an dan Sunnah, (2) Bagaimanakah kampanye berbasis Al-Qur’an dan Sunnah perspektif fiqh siyasah? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kampanye berbasis Al-Qur’an dan Sunnah. (2) untuk mengetahui kampanye berbasis Al-Qur’an dan Sunnah persektif fiqh siyasah. Metode Penelitian yang di gunakan peneliti adalah: pustaka (library research), tehnik pengumpulan data yang di gunakan dengan menggunakan sumber primer dan skunder yaitu pengumpulan data-datanya atau literature yang terkait dengan kampanye berbasis Al-Qur’an dan Sunnah dan sesuai dengan pembahasan skripsi, kemudian di analisis yang penulis gunakan konten analisis, komparatif analisis, dan kritik analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kampanye berbasis Al-Qur’an dan sunnah bisa diwujudkan dengan iklan di media massa, dan di saat berkampanye mengunakan dalil-dalil Al-Qur’an dan Sunnah di saat ceramahh atau berpidato dan penyebaran gambar calon, pawai, orasi di lapangan terbuka, ke permukiman-permukiman rakyat, kegiatan sosial, dan sebagainya, di dalam hukum Islam sendiri, ada istilah lain untuk mengembangkan Islam dan umatnya yakni yang di sebut dengan dakwah. Kampanye berbasis Al-qur’an dan Sunnah yaitu Umat Islam dapat mengetahui apabila syari’at Islam juga memuat prinsip-prinsip sistem politik, sistem pemerintahan serta sistem peradilan. Oleh karenanya, umat Muslim diwajibkan untuk selalu berijtihad untuk menjawab masalah-masalah aktual yang dalil tekstualnya tidak mereka temukan didalam Al-Qur’an maupun As-Sunnah. (2) Di dalam fiqh siyasah kampanye berbasis Al-Quran dan Sunnah boleh di lakukan karena Pelaksanaan kampanye berbasis Al-Qur’an dan Sunnah merupakan salah satu bagian atas terselenggaranya pemilihan umum. Di dalam fiqh siyasah, istilah pemilihan umum dikenal dengan intikhabah al-ammah. Oleh karena itu, pelaksanaan kampanye berbasis Al-Qur’an dan Sunnah perlu diatur agar sesuai dengan Etika Islam, dan tidak menyimpang dari garis-garis yang di tetapkan Syari’at Islam. Terutama bagi partai-partai yang menyatakan dirinya Partai Islam atau Partai yang berasaskan Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 1712143089 TOHAROH
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:20
Last Modified: 01 Aug 2018 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item View Item