FATKHATUL HIMAH, 1725143096 (2018) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (247kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (121kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Fatkhatul Himah , NIM. 1725143096 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing Luluk Atirotuz Zahrok, M.Pd. Kata Kunci: Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim bahkan orang dewasa yang yang hanya sekedar membaca Al-Qur’an saja tanpa memperhatikan hukum bacaan dan tartil Al-Quran dengan baik dan benar . di MIN 4 Tulungagung merupakan madrasah yang di pimpin oleh bapak kepala sekolah Zainal Panani, M.Pd.I. Dengan menggunakan metode Ummi sebagai upaya dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah guru dalam menerapkan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di MIN 4 Tulungagung? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Quran di MIN 4 Tulungagung ? (3) Bagaimana implikasi dari penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di MIN 4 Tulungagung ? Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah waka kurikulum, guru dan koordinator Ummi.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Dalam langkah-langkah guru pada pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi sudah sistematis dan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ditetapkan. Tahapan tahapan pembelajaran Al Quran metode Ummi dijabarkan sebagai berikut: Pembukaan,Appersepsi,Penanaman Konsep, Pemahaman/ latihan, Ketrampilan/latihan, dan Evaluasi (2) faktor pendukung yang mempengaruhi penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Quran diantaranya Sertifikasi Guru, Buku guru, buku siswa, dan Alat Peraga, sedangkan penghambatnya yakni Kemampuan siswa yang bervariasi dan Kualitas guru yang bermacam-macam dengan solusi yang sudah diusahakan yaitu dengan mengelompokkan siswa sesuai kemampuan dan sesama guru rutin mengadakan evaluasi bersama (3) Implikasi metode Ummi dalam penerapan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah Setelah diterapkan bahwa santri mampu membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid yang benar (tartil); santri merasa senang dan semangat dalam belajar Al-Qur’an; santri mampu membaca bacaan dengung dan jelas, bacaan panjang dan pendek, santri mampu mengoreksi kesalahannya sendiri; santri mampu menyebutkan angka Arab; hafal surat-surat pendek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143096 FATKHATUL HIMAH |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 02:24 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8479 |
Actions (login required)
View Item |