LULUK MASLICHA, 1724143144 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KERJA OTAK (BRAIN COMPATIBLE) BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII MTsN 5 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (175kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kerja Otak (Brain Compatible) Berbasis Proyek Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Segi Empat kelas VII MTsN 5 Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018” di tulis oleh Luluk Maslicha, NIM. 1724143144, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang di bimbing oleh Sutopo, M. Pd. Kata Kunci: Pendekatan Kerja Otak (Brain Compatible), Berbasis Proyek, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran matematika kerap menimbulkan kejenuhan, membosankan ditambah materi yang sulit dipahami sering kali membuat siswa menyerah. Semua aktifitas pembemjaran tersebut terpusat dan dikendalikan oleh otak. Karena itu penelitian ini dilakukan untuk menguji suatu pendekatan yang sesuai dengan kerja otak yang merupakan pusat pembelajaran dan yang mampu membuat siswa merasa senang mengikuti pembelajaran matematika, seperti di dalam suatu jurnal yang menjelaskan Pendekatan Kerja Otak (Brain Compatible) merupakan pendekatan yang mampu mengakomodasikan kemampuan pikiran siswa dalam kaitannya pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan kerja otak (brain compatible) berbasis proyek terhadap motivasi siswa materi bangun datar segi empat kelas VII MTsN 5 Blitar, (2) Apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan kerja otak (brain compatible) berbasis proyek terhadap hasil belajar materi bangun datar segi empat kelas VII MTsN 5 Blitar, (3) Apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan kerja otak (brain compatible) berbasis proyek terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi bangun datar segi empat kelas VII MTsN 5 Blitar Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental (Eksperimen Semu), menguji coba dua kelas kontrol dengan Pendekatan Konvensional dan kelas eksperimen dengan Pendekatan Kerja Otak (Brain Compatible) berbasis Proyek dengan populasi yang dipilih adalah seluruh siswa kelas VII di MTs N 5 Blitar (201 siswa). Pemilihan Sampel dengan Non Probability Sampling yakni Purposive Sampling. Desain penelitian Post Test Only Control Design. Dimana setelah kedua kelas diberikan Treatmen dan berakhir dengan mengisi Angket dan mengerjakan Soal Post Test Analisis yang digunakan yaitu dengan bantuan SPSS 16 adalah Uji T Test Independen: untuk Pengaruh dua variabel, Uji Manova : untuk Pengaruh lebih dari dua variabel. Hasil dari penelitian di Uji T test Independen pada SPSS 16 menunjukkan : Group Statistic, Mean (rata-rata) Motivasi dikelas kontrol 89,30 < 99,71 di kela eksperimen, Independent Samlpes Test Sig. 2 Tailed = 0,011 < 0,05 maka Dengan demikian terima H1 , berarti ada pengaruh pemndekatan kerja otak (brain compatible) terhadap motivasi. Uji Manova di SPSS 16 di tabel Multivariate Test menunjukkan Pendekatan dengan diuji oleh 4 metode multivariate dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka menunjukkan ada pengaruh antara variabel yang ada. Di Tabel Pairwise Comparisons pada Mean Difference ABSTRAK Penelitian dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kerja Otak (Brain Compatible) Berbasis Proyek Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Segi Empat kelas VII MTsN 5 Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018” di tulis oleh Luluk Maslicha, NIM. 1724143144, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang di bimbing oleh Sutopo, M. Pd. Kata Kunci: Pendekatan Kerja Otak (Brain Compatible), Berbasis Proyek, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran matematika kerap menimbulkan kejenuhan, membosankan ditambah materi yang sulit dipahami sering kali membuat siswa menyerah. Semua aktifitas pembemjaran tersebut terpusat dan dikendalikan oleh otak. Karena itu penelitian ini dilakukan untuk menguji suatu pendekatan yang sesuai dengan kerja otak yang merupakan pusat pembelajaran dan yang mampu membuat siswa merasa senang mengikuti pembelajaran matematika, seperti di dalam suatu jurnal yang menjelaskan Pendekatan Kerja Otak (Brain Compatible) merupakan pendekatan yang mampu mengakomodasikan kemampuan pikiran siswa dalam kaitannya pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan kerja otak (brain compatible) berbasis proyek terhadap motivasi siswa materi bangun datar segi empat kelas VII MTsN 5 Blitar, (2) Apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan kerja otak (brain compatible) berbasis proyek terhadap hasil belajar materi bangun datar segi empat kelas VII MTsN 5 Blitar, (3) Apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan kerja otak (brain compatible) berbasis proyek terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi bangun datar segi empat kelas VII MTsN 5 Blitar Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental (Eksperimen Semu), menguji coba dua kelas kontrol dengan Pendekatan Konvensional dan kelas eksperimen dengan Pendekatan Kerja Otak (Brain Compatible) berbasis Proyek dengan populasi yang dipilih adalah seluruh siswa kelas VII di MTs N 5 Blitar (201 siswa). Pemilihan Sampel dengan Non Probability Sampling yakni Purposive Sampling. Desain penelitian Post Test Only Control Design. Dimana setelah kedua kelas diberikan Treatmen dan berakhir dengan mengisi Angket dan mengerjakan Soal Post Test Analisis yang digunakan yaitu dengan bantuan SPSS 16 adalah Uji T Test Independen: untuk Pengaruh dua variabel, Uji Manova : untuk Pengaruh lebih dari dua variabel. Hasil dari penelitian di Uji T test Independen pada SPSS 16 menunjukkan : Group Statistic, Mean (rata-rata) Motivasi dikelas kontrol 89,30 < 99,71 di kela eksperimen, Independent Samlpes Test Sig. 2 Tailed = 0,011 < 0,05 maka Dengan demikian terima H1 , berarti ada pengaruh pemndekatan kerja otak (brain compatible) terhadap motivasi. Uji Manova di SPSS 16 di tabel Multivariate Test menunjukkan Pendekatan dengan diuji oleh 4 metode multivariate dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka menunjukkan ada pengaruh antara variabel yang ada. Di Tabel Pairwise Comparisons pada Mean Difference.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143144 LULUK MASLICHA |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 01:42 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 01:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8486 |
Actions (login required)
View Item |