PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTSN PULOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018

ASRIN NURUL IZZA, 1724143043 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTSN PULOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII MTsN Pulosari Tahun Pelajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Asrin Nurul Izza, NIM. 1724143043, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Musrikah, M. Pd. Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Teorema Phytagoras Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika yang berimbas pada hasil belajarnya. Menarik ketertarikan siswa mengikuti pembelajaran matematika dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Dewasa ini, model pembelajaran sangat beragam salah satunya teams games tournament (TGT). Model TGT bisa menjadi alternatif model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan seluruh siswa. Langkah-langkah TGT yaitu penyajian materi, kelompok, game, turnamen, dan rekognisi tim. Model TGT memiliki beberapa kelebihan diantaranya melibatkan siswa dalam pembelajaran, melibatkan tutor sebaya, menumbuhkan rasa kebersamaan dan rasa tanggung jawab. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebagai salah satu keberhasilan pembelajaran selain hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari, 2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari, 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non –equivalen control group. Sampel penelitian ini adalah VIII A (kelas eksperimen) dan VIII B (kelas kontrol) dengan 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan 1) teknik tes dan 2) angket. Teknik tes yang digunakan adalah post-test, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi teorema Phytagoras setelah diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan metode konvensional. Teknik angket digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data dari sekolah terkait tentang nama dan nilai peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rata-rata keaktifan kelompok eksperimen sebesar 60,89 dan kelas kontrol sebesar 55,58. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 85,64 dan kelas kontrol sebesar 77,08. Hasil pengujian data post-test kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 79%, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 73%, 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143043 ASRIN NURUL IZZA
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:38
Last Modified: 26 Jul 2018 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8494

Actions (login required)

View Item View Item