ENIF YISNA MUSLIF, 1721143131 (2018) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (573kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (296kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Enif Yisna Muslif, NIM 1721143131, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN), pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd Kata kunci: Metode Hypnoteaching, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran aqidah akhlak, siswa merasa kerap bosan saat megikuti pelajaran sehingga siswa hanya pasif saat mengikuti pelajaran. Serta kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Dalam penelitian ini menggunakan metode hypnoteaching dan metode konvensional untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menggunakan metode hypnoteaching tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Adakah pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Adakah pengaruh yang signifikan metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? Pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimental research) digunakan untuk menyelidiki kemungkinan ada hubungan sebab-akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar yang berjumlah 87 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Alasan menggunakan teknik Purposive Sampling karena peneliti memerlukan 2 kelas yang memiliki kemampuan yang sama serta dapat mewakili karakteristik populasi, sehingga diperoleh siswa dari kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas dengan dua kali post-test menggunakan metode hypnoteaching sebesar 85,86 dan 88,16 sedangkan rata-rata pada kelas yang menggunakan metode konvensional sebesar 70,79 dan 77,95. Hasil uji statistik diperoleh T hitung sebesar 6,238 dan 3,061 dan T tabel sebesar 2,028, jadi T hitung > T tabel. 2) Ada pengaruh yang signifikan metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan nilai Signifikansi 0,000 dan 0,004 artinya signifikansi < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143131 ENIF YISNA MUSLIF |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 07:40 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 07:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8504 |
Actions (login required)
View Item |